Film Terburuk-Terbaik Benedict Cumberbatch, 'Doctor Strange' yang Berulang Tahun ke-43

19 July 2019 by
Film Terburuk-Terbaik Benedict Cumberbatch, 'Doctor Strange' yang Berulang Tahun ke-43

Uzone.id - Happy Birthday Benedict Cumberbatch!

Yaps, pria kelahiran Inggris ini genap berusia 43 tahun di hari ini. Mengawali karir di panggung Inggris yang kemudian dengan cepat beralih ke tv serial Inggris.

Kesuksesannya cukup membawa dirinya menjadi dikenal tak hanya di negaranya sendiri, tetapi juga Amerika hingga akhirnya dunia.

Salah satu aksinya yang begitu mencolok adalah ketika dirinya berperan di dalam tv serial "Sherlock". Tv serial ini sukses membawanya masuk ke dalam empat nominasi Emmy untuk kategori Aktor Terbaik Film/Serial dan pada 2014 ia memenangkan kategori tersebut.

Selain itu, ia juga mendapat tiga nominasi tambahan Emmy ketika dirinya berperan dalam tv serial "Parade's End" dan "Patrick Melrose".

Kelihaian Cumberbatch dalam bermain film juga mendapat pengakuan besar ketika namanya masuk ke dalam nominasi penghargaan Oscar untuk kategori Aktor Terbaik atas perannya sebagai Alan Turing dalam film "The Imitation Game". Di kategori ini, ia bersaing dengan beberapa aktor kenamaan lain yang sudah lebih senior seperti Steve Carell (Foxcatcher), Bradley Cooper (American Sniper), Michael Keaton (Birdman) dan Eddie Redmayne (The Theory of Everything) yang pada akhirnya memenangkan kategori tersebut.

Meski dirinya sudah cukup disibukkan dengan beragam proyek film dan tv serial, Cumberbatch tak berhenti menyelami panggung Inggris. Ia mendapat pengakuan besar ketika dirinya ikut dalam produksi "Frankenstein" di mana ia dan Jonny Lee Miller bergantian peran untuk karakter monster Franskenstein dan Dr. Frankenstein di pertunjukkan yang berbeda.

Dua film yang cukup memberi dampak besar terhadap karir Cumberbatch adalah film waralaba "The Hobbit" di mana ia menjadi pengisi suara dalam film tersebut, dan film waralaba serial "Avengers" di mana ia berperan sebagai "Doctor Strange" yang juga memiliki film sendiri dan kerap muncul beberapa kali dalam film waralaba Marvel.

Untuk memperingati ulang tahun suami dari Sophie Hunter ini, berikut adalah 12 foto yang diambil dari film terbaik yang turut melibatkan dirinya, disusun mulai dari yang terburuk hingga terkemuka.

12. The Fifth Estate (2013)

Snap Stills/REX/Shutterstock

Di sini Cumberbatch memainkan peran sebagai pendiri Wikileaks yang sempat menjadi kontroversial, yaitu Julian Assange. Meski sempat dijagokan menjadi film yang Oscar-worthy, tetapi faktanya film ini tak cukup membuat penonton terkesan. Namun, film ini masih cukup menarik sebenarnya untuk mengetahui kisah seorang pribadi yang ternyata mampu memecah belah dalam sejarah politik belum lama ini.

11. August: Osage County (2013)

Snap Stills/REX/Shutterstock

Diangkat dari drama berjudul sama yang memenangkan Tony and Pulitzer Prize, film ini cukup banyak dibintangi oleh bintang Hollywood kenamaan yang berkumpul dalam satu keluarga besar yang sedang merayakan peringatan kematian seseorang. Sebut saja Meryl Streep (Aktris Terbaik) dan Julia Roberts (Aktris Pendukung Terbaik) yang memenangkan nominasi Oscar atas perannya di film tersebut. Cumberbatch di sini punya peran kunci yaitu sebagai sepupu Julia Roberts yang begitu sensitif.

10. Atonement (2007)

Focus Features/REX/Shutterstock

Meraih tujuh nominasi Oscar, termasuk kategori Film Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik yang dimainkan oleh Saoirse Ronan. Film ini berkisah tentang konsekuensi atas tuduhan seorang gadis belia terhadap kekasih saudara perempuannya. Film ini meraih penghargaan Golden Globe sebagai Film Drama Terbaik. Cumberbatch mengambil peran pendukung di sini yaitu sebagai kerabat keluarga yang menjadi pusat cerita dari drama tersebut.

9. War Horse (2011)

Snap Stills/Shutterstock

Film garapan Steven Spielberg ini meraih enam nominasi penghargaan Oscar, termasuk kategori Film Terbaik. Film ini bukan merupakan adaptasi dari drama yang memenangkan penghargaan Tony yang menceritakan kisah yang sama dan dimainkan di panggung Broadway di tahun yang sama saat perilisan film. Film ini justru menceritakan kisah seorang lelaki muda yang mengikuti kuda kesayangannya untuk ikut ke dalam pertempuran Perang Dunia II. Cumberbatch di sini berperan sebagai seorang prajurit militer yang mengepalai pasukan yang menggunakan kuda.

8. The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013) dan The Hobbit: The Battle of The Five Armies (2015)

New Line/Mgm/Wingnut/Kobal/Shutterstock

Kisah populer yang diangkat dari novel J.R.R. Tolkien ini memiliki kombinasi aktor asli dan teknologi CGI penangkap gerak (motion capture). Cumberbatch memainkan dua peran dalam film ini. Pertama, ia menjadi pengisi suara karakter Smaug, seekor naga psikopat. Kedua, ia memainkan karakter Necromancer, seorang penyihir misterius.

7. Star Trek Into Darkness (2013)

Paramount/Kobal/Shutterstock

Cumberbatch punya tanggung jawab besar ketika ia mengambil peran Khan yang sangat tak terlupakan yang sebelumnya diperankan oleh Ricardo Montalban dalam serial asli Star Trek dan di film "Star Trek II: The Wrath of Khan". Karakter Khan ini adalah seorang manusia super yang awalnya disamarkan dalam film dengan identitas palsu.

6. Black Mass (2015)

Claire Folger/Warner Bros/Cross Creek/Grisbi Prods Le/Kobal/Shutterstock

Film yang diangkat dari kisah nyata ini juga dibintangi oleh Johnny Deep sebagai James "Whitey" Bulger, seorang mafia yang mengendalikan kejahatan di Boston Selatan tetapi kemudian menjadi seorang informan FBI dan hidup bersembunyi selama beberapa tahun. Cumberbatch di sini berperan sebagai saudara Depp yang merupakan seorang politisi muda dan senat Massachusetts.

5. Tinker Tailor Soldier Spy (2011)

Moviestore/REX/Shutterstock

Film ini berangkat dari kisah novel karya John LeCarre yang pertama kali diadaptasi ke dalam film televisi pada 1979 dengan Alec Guinness sebagai pemeran utamanya. Di film ini, Cumberbatch yang memainkan karakter sebagai seorang agen muda untuk organisasi intel Inggris, beradu peran dengan Gary Oldman yang pertama kalinya mendapat nominasi Oscar sebagai Aktor Terbaik atas perannya di film ini.

4. Thor: Ragnarok (2017)

Walt Disney Studios/Moviestore/Shutterstock

Cumberbatch di sini melanjutkan perannya sebagai Doctor Strange dalam film waralaba Marvel - Avengers yang akhirnya sangat sukses memecahkan rekor box office dan menuai sensasi di media sosial.

3. 12 Years a Slave (2013)

Snap Stills/REX/Shutterstock

Sembilan nominasi Oscar diraih oleh film yang mengangkat kisah seorang pria merdeka berkulit hitam yang ditangkap dan dijual menjadi budak dalam pra-perang sipil di selatan. Film ini akhirnya memenangkan Oscar untuk kategori Film Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik (Lupita Nyong'o) dan Naskah Adaptasi Terbaik. Cumberbatch di sini berperan sebagai pemilik perkebunan yang pertama kali memiliki si pria berkulit hitam yang menjadi pusat cerita di film ini. Ia memperlakukan budaknya ini dengan sangat baik, tetapi akhirnya terpaksa menjualnya ke perkebunan lain untuk menjaga kelangsungan perbudakan.

2. Doctor Strange (2016)

MediaPunch/REX/Shutterstock

Penampilan pertama Cumberbatch sebagai Doctor Strange adalah di film ini. Ia berperan sebagai seorang dokter ahli bedah saraf terbaik yang kemudian terjun ke dalam ilmu magis. Usai tragedi kecelakaan mobil dan pengalaman hampir mati yang ia alami, dokter ini akhirnya menemukan dimensi tersembunyi dunia dan kekuatan magis.

1. The Imitation Game (2014)

Snap Stills/REX/Shutterstock

Satu-satunya peran yang membawa Cumberbatch mendapat nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik adalah film drama yang juga meraih delapan nominasi tambahan ini, termasuk untuk kategori Film Terbaik dan Naskah Adaptasi Terbaik. Film ini menceritakan kisah Alan Turing, seorang ahli matematika yang membantu memecahkan kode Enigma Jerman dalam Perang Dunia II tetapi diperlakukan buruk oleh negara asalnya karena identitasnya yang ternyata adalah homoseksual.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

149 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
tayo coin 15 August 2019 | 10:41:51

nunggu doctor strange 2 main

Tri Pramudya 05 August 2019 | 16:52:05

jadi itu ya rangkaian film nya benedict

Rozi 22 July 2019 | 15:33:26

Selamat ulang tahun yang ke 43

Widi Yanto 22 July 2019 | 08:12:38

saya suka film enedict cumberbatc

mujiwanto 22 July 2019 | 06:05:11

banyak juga ya film yang sudah di bintangi sama benedict

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top