home ×
Film

Throwback Movie: Nostalgia ‘Men in Black’ dan 5 Hal Menarik Tentangnya

26 September 2018 By
<i>Throwback Movie</i>: Nostalgia ‘Men in Black’ dan 5 Hal Menarik Tentangnya
Uzone

Uzone.id -- Biasanya di dalam film action bertema agen rahasia atau mata-mata, si karakter utama diberi misi untuk menyelidiki pihak-pihak yang melakukan aksi kriminal. Lain halnya dengan ‘Men in Black’ yang usianya sudah lebih dari satu dekade ini.

Alih-alih mengejar dan menangkap orang jahat, agen rahasia di ‘Men in Black’ justru memiliki tugas untuk mengurus dan menginvestigasi segala hal yang berbau dengan makhluk asing di Bumi. Seru, kan. Belum lagi penampilan para agen rahasia di film ini selalu mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih, celana hitam, dan kacamata hitam yang sangat khas.

Film pertama ‘Men in Black’ dirilis pada 1997. Usia film yang mengadaptasi komik karya Lowell Cunningham ini berarti sudah mencapai 21 tahun. Meski begitu, ‘Men in Black’ tetap disukai oleh para pecinta film karena kisahnya yang seru di campur dengan dialog dan aksi lucu. Nggak heran film ini digarap menjadi trilogi.

Baca juga: Throwback Movie: 8 Fakta 'Casino Royale', Peran Perdana Daniel Craig Jadi Agen 007

‘Men in Black’ menceritakan tentang kisah petualangan Agen Kay (Tommy Lee Jones) dan Agen Jay (Will Smith) yang sibuk mengurus masalah imigrasi dan regulasi dari makhluk-makhluk asing yang ada di Bumi. Tentu saja keduanya termasuk agen rahasia yang pekerjaannya tidak diketahui secara umum oleh publik. Mereka disebut sebagai agen Men in Black (MIB).

Nah, suatu hari mereka berhadapan dengan teroris dari luar planet dengan bentuk mirip kecoa yang memiliki misi membunuh dua ambasador dari dua galaksi berlawanan yang sedang tinggal di New York City. Alien teroris yang diberi nama Edgar the Bug itu kemudian memangsa seorang petani (Vincent D’Onofrio) dan bergerak menggunakan tubuhnya.

Selain berisi makhluk alien yang aneh-aneh dan menyeramkan, ‘Men in Black’ menjadi awal mula aktor Will Smith diakui sebagai salah satu aktor berkelas di Hollywood. Selain itu, kita juga bisa melihat sisi lain dari aktor Tommy Lee Jones yang lucu di sini.

Di edisi Throwback Movie kali ini, yuk bahas tentang 5 hal menarik tentang ‘Men in Black’ yang disutradarai oleh Barry Sonnenfeld.

1. Pengorbanan pemeran villain yang maksimal

D’Onofrio yang memerankan Edgar begitu berkomtimen di dalam film ini. Selain harus tahan dirias selama enam jam per hari agar penampilannya serem, dia sengaja mengenakan pengaman di kaki agar tidak bengkok dan cedera. Dia juga memakaikannya di pergelangan kaki supaya cara jalannya bisa aneh. Karakter Edgar pun menjadi memorable berkat D’Onofrio.

via GIPHY

2. Bawa pengaruh positif bagi industri sunglasses

Salah satu item penting dari Men in Black adalah kacamata hitam, khususnya digunakan saat menyalakan alat canggih untuk menghilangkan ingatan masyarakat ketika mereka melihat aksi penangkapan alien. Ternyata, hal ini membuat tren kacamata jadi meroket!

Di dalam film, Smith dan Jones mengenakan kacamata produksi Ray-Ban. Tak lama setelah film ini tayang, produk tersebut langsung diburu konsumen. Mengutip ScreenRant, penjualan kacamata model khusus MIB meningkat sampai tiga kali lipat pada 1997.

via GIPHY

3. Ada organisasi khusus yang mengawasi keselamatan kecoa di lokasi syuting!

Film ini memang diisi oleh berbagai macam makhluk alien yang fiksional, sisanya ada beberapa hewan nyata, termasuk kecoa. Ada satu adegan di mana Agen Jay sengaja menginjak kecoa agar mati. Percaya atau tidak, organisasi American Humane Association datang ke lokasi syuting untuk mengawasi agar kecoa tersebut tidak disakiti.

4. Agen K nyaris diperankan oleh aktor legendaris ini

Tommy Lee Jones rasanya sudah sangat pas memerankan Agen K yang mudah marah, tegas namun peduli banget dengan Agen J. Ternyata pilihan utama pihak produser bukan Jones, melainkan Clint Eastwood.

Alasannya sederhana, selama ini Eastwood dikenal sering memerankan peran serius dan straightforward. Untungnya, sang sutradara Sonnenfeld akhirnya memilih Jones karena dia percaya aura Jones lebih mengintimidasi ketimbang Eastwood.

5. Cara ‘curang’ sang sutradara demi Smith main di film ini

Ada kisah lucu di balik film ini. Steven Spielberg sebagai produser ‘Men in Black’ sejak awal menyarankan Sonnenfeld untuk merekrut Chris O’Donnell, aktor yang berperan sebagai Robin di ‘Batman Forever’ dan ‘Batman and Robin’. Sonnenfeld justru tertariknya dengan Smith. Lalu apa yang dia lakukan?

Kepada Huffington Post, Sonnenfeld bilang, kala itu Spielberg menyuruhnya makan malam dengan O’Donnell agar bisa melobi dan mengajaknya berperan jadi Agen J. bukannya nurut, Sonnenfeld menyabotase cara tersebut -- dia malah ketemuan dengan Smith.

Setelah Smith setuju, Sonnenberg bilang kalau O’Donnell menolak peran Agen J. karena Spielberg nggak tahu telah dimanipulasi, dia langsung menyetujui Smith ha-ha-ha.

via GIPHY

681 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 27 October 2019 | 21:23:57

keren filmnya bagus susah dilupainnya

Miskin aman 24 October 2019 | 03:51:28

wah seru sekali nih pasti mantap dah untuk film nya

Martha Ilahi 03 September 2019 | 13:13:52

cuma ada 5 hal saja yah kiraon ada banyak

Free Fire 01 June 2019 | 13:27:34

aku sangat suka sekali sama film yang ini

yanto parman 29 May 2019 | 04:57:18

wah ditunggu bgt ya sekuelnya yang keempat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article