Throwback Movie: Tepat 41 Tahun Lalu ‘Star Wars: A New Hope’ Dirilis, Simak 14 Fakta Serunya!

25 May 2018 by
<i>Throwback Movie</i>: Tepat 41 Tahun Lalu ‘Star Wars: A New Hope’ Dirilis, Simak 14 Fakta Serunya!

Uzone.id -- Setelah berminggu-minggu setiap linimasa dipenuhi oleh pemberitaan tentang semesta Marvel gara-gara film ‘Avengers: Infinity War’ dan ‘Deadpool 2’, pekan ini giliran lampur sorot mengarah ke saga ‘Star Wars’.

Film lepasan ‘Solo: A Star Wars Story’ yang meluncur di Indonesia sejak Rabu kemarin (23/5) cukup mendapat antusias tinggi dari moviegoer. Meski ini film spin-off, tetap saja banyak yang memaknainya penting, sebab ‘Solo’ menyibak kisah karakter Han Solo sebelum dirinya bertemu dengan Putri Leia dan Luke Skywalker.

Nah, demi meramaikan euforia ‘Star Wars’, edisi throwback movie pekan ini bahas singkat tentang film yang pertama kali hadir, yakni ‘Star Wars: Episode IV - A New Hope’. Film ini dirilis pada 25 Mei 1977, which means… hari ini bertepatan dengan perayaan 41 tahun ‘A New Hope’ lahir dan memulai budaya populer yang hingga kini tetap abadi.

Let’s get start, from galaxy far, far away… Berikut 14 quick fun facts yang berkaitan dengan ‘A New Hope’!

via GIPHY

1. Sang kreator merangkap sutradara, George Lucas sejak awal nggak pede dengan film ini. Saking yakinnya film ini bakal gagal total, alih-alih datang ke premier ‘A New Hope’, dia malah mengajak sahabatnya yang juga sineas kondang Steven Spielberg berlibur ke Hawaii. Di sana, mereka menciptakan ide membuat film Indiana Jones pertama, ‘Raiders of the Lost Ark’.

2. Saat proses syuting di Tunisia, pemerintah Libya cemas terhadap kendaraan raksasa yang parkir di dekat perbatasan Libya -- yang dimaksud adalah properti syuting, yakni kendaraan sandcrawler. Lalu, pemerintah Tunisia menerima surat ancaman mobilisasi militer, dan meminta Lucas agar memindahkan sandcrawler.

3. Karena harus berhemat bujet, para aktor dan kru dari Amerika terpaksa terbang ke Inggris di kelas ekonomi. Debbie Reynolds, ibu aktris Carrie Fisher (pemeran Leia) tahu soal itu, dia langsung menelepon Lucas untuk komplain. Fisher mendengar perbincangan itu dan langsung berbicara ke ibunya, “mother, I want to fly coach, will you f**k off?!”.

4. Saat syuting adegan di dalam pembuangan sampah, aktor Mark Hamill (pemeran Luke Skywalker) menahan nafas terlalu lama dan menyebabkan pembuluh darahnya pecah di bagian samping wajahnya.

5. Senjata lightsaber yang legendaris itu memiliki suara yang khas. Suara itu berasal dari kombinasi suara dengung dari proyektor film 35mm dan kabel mikrofon rusak yang dimasukkan oleh tabung dari televisi lawas.

via GIPHY

6. Aktor yang menggerakan robot R2-D2, Kenny Baker mengaku, ketika waktu makan siang para aktor dan kru sering lupa kalau dirinya masih berada di dalam kostum R2-D2 dan meninggalkannya begitu saja.

7. Menurut Hamill, para eksekutif studio nggak suka penampilan Chewbacca -- tanpa busana sama sekali. Mereka sempat ingin mengajukan agar Chewie mengenakan celana pendek, tapi rencana ini nggak pernah kesampaian.

8. Per 2017, ‘A New Hope’ mendulang pendapatan US$775 juta secara global, termasuk karya re-release dan special edition.

9. Dari sebuah wawancara, Lucas mengaku naskah awal yang dia bikin nggak murni persis seperti sekarang. Dulu, dia menciptakan karakter Luke adalah seorang perempuan, Han Solo adalah alien, spesies Wookiee dinamakan Jawa, serta robot R2-D2 dan C-3PO masing-masing diberi nama A-2 dan C-3.

via GIPHY

10. Musik score film ini yang digarap oleh komposer John Williams berada di posisi pertama di dalam 100 Years of Film Scores dari American Film Institute (AFI).

11. Kata “Jedi” berasal dari kata bahasa Jepang “Jidai Geki”, artinya “period adventure drama”. Lucas mengaku menyukai kata tersebut dan memutuskan menjadikannya inspirasi bagi karakter Jedi.

12. Saat Harrison Ford (pemeran Han Solo) mengunjungi toko piringan hitam untuk membeli sebuah album musik setelah ‘A New Hope’ dirilis, para penggemar yang tergila-gila menghampirinya sampai membuat bajunya sobek.

13. Para aktor yang memainkan prajurit Stormtrooper diberi upah sebesar 8500 Dinar Tunisia. Pada 1976, upah tersebut setara US$6,5.

14. Di perhelatan Academy Awards tahun 1978, ‘A New Hope’ memboyong 6 piala Oscar. Film ini memenangkan kategori Best Art Direction, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Visual Effects, dan Best Original Score.

via GIPHY

Apa Reaksi Anda ?

Love
79%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
21%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

328 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ria Ade 30 July 2019 | 05:00:20

woww ternyata sudah lama juga ya film nya ini

Anna Salsabila 21 May 2019 | 07:44:23

ga sangka ternyata dah 14 tahun film ini

MQ POLI 16 May 2019 | 12:53:14

fakta tentang film stars wars yang bagus nih

Njir Bagoy 16 May 2019 | 11:20:17

wag keren ya baru tau ada monyet distar wars

Ahmad Habibi 16 May 2019 | 08:43:43

semoga banyak yang nonton ya filmnya dan banyak penggemarnya ya dan semoga diberikan kesehatan dan kelancaran ya filmnya semoga diberikan semangat ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top