10 Film Teknologi Terbaik yang Memprediksi Teknologi di Masa Depan

25 March 2019 by
10 Film Teknologi Terbaik yang Memprediksi Teknologi di Masa Depan

Salah satu hal yang menarik dari film yang bertema teknologi adalah impian dan prediksi kehidupan di masa depan yang erat hubungannya dengan teknologi canggih. Hingga saat ini, sudah banyak film yang mengusung konsep cerita menarik, dengan menggunakan teknologi yang belum ada saat itu.

Meskipun terlihat seperti film dengan imajinasi liar, namun beberapa film Hollywood sering mengungkap teknologi masa depan, sebagai contoh film Iron Man dan Black Phanter yang menggunakan teknologi dari masa depan.

10 Film Teknologi Terbaik yang Memprediksi Teknologi di Masa Depan

Lantas, film teknologi apa saja yang membahas teknoogi dan kehidupan di masa depan? Berikut rekomenasi 10 film yang bisa kamu tonton.

2001: A Space Odyssey (1968).

2001: A Space Odyssey
www.futurity.org

Film 2001: A Space Odyssey yang merupakan karya dari Stanley Kubrick ini memang sudah "berumur" berpuluh-puluh tahun yang lalu, tepatnya rilis tahun 1968 yang lalu.

Namun, jangan kaget kalau banyak teknologi dalam film 2001: A Space Odyssey yang akhirnya kamu gunakan saat ini. Teknologi seperti Artificial Intelligence, dan video call muncul pada beberapa scene film 2001: A Space Odyssey.

Bahkan, film ini juga meramalkan penggunaan teknologi A.I yang menjadi tidak terkendali, dan bahkan menghancurkan kehidupan manusia. Semoga ramalannya tidak menjadi kenyataan ya!

Blade Runner (1982).

Blade Runner
www.ign.com

Film Blade Runner yang dirilis tahun 1982 in ternyata memberikan banyak prediksi mengenai teknologi yang digunakan manusia pada tahun 2019, seperti saat ini.

Film yang diperankan oleh Harrison Ford ini menggambarkan teknologi mobil terbang yang digunakan manusia untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain.

Meskipun belum terwujud, namun tidak berarti mustahil untuk dilakukan. Bisa saja, dalam waktu 10-20 tahun ke depan ada mobil terbang yang menggantikan mobil konvensional seperti saat ini.

A.I. Artificial Intelligence (2001).

A.I. Artificial Intelligence
www.denofgeek.com

Film A.I. Artificial Intelligence yang digarap oleh sutradara sekelas Steven Spielberg ini selalu menarik untuk kamu tonton, meskipun rilis tahun 2001 yang lalu.

Film A.I. Artificial Intelligence menceritakan tentang pengembangan teknologi A.I (Artificial Intelligence) yang memudahkan keinginan dan kebutuhan manusia.

Bahkan, dalam film A.I. Artificial Intelligence diceritakan kehidupan manusia yang dekat dengan robot-robot yang telah diprogram, sehingga dapat membantu pekerjaan manusia di masa yang akan datang.

Minority Report (2002).

Minority Report
www.dezeen.com

Meskipun dirilis tahun 2002 yang lalu, film Minority Report ini menceritakan teknologi User Interface yang menjadi teknologi yang awam digunakan manusia di masa depan.

Hingga saat ini, ternyata teknologi yang diramalkan dalam film Minority Report sudah menjadi kenyataan. Contoh nyatanya adalah layar smartphone kalian yang sudah menggunakan teknologi touch screen dan user interface yang menarik, sehingga bukan hanya sekedar prediksi atau khalayan belaka.

I, Robot (2004).

I, Robot
www.imdb.com

Film I, Robot yang rilis tahun 2004 yang lalu ini mengambil setting latar tahun 2039. Del Spooner (Will Smith) adalah polisi masa depan yang sangat membenci robot, namun kagum dengan teknologi yang ada saat itu.

Dalam film I, Robot, kamu dapat menilai sendiri bagaimana teknologi di masa depan yang sudah terlihat saat ini. Namun, semoga saja robot yang dikembangkan saat ini, dapat digunakan dengan bijak dan selalu dalam kontrol penuh manusia, sehingga tidak menjadi ancaman bagi umat manusia.

Eagle Eye (2008).

Eagle Eye film
letterboxd.com

Film Eagle Eye menceritakan tentang teknologi yang digunakan oleh pemerintah yang digambarkan sebagai "Eagle Eye", sebuah komputer pintar yang digunakan oleh badan intelijen Amerika Serikat.

Program komputer ini kemudian diaplikasikan pada beberapa perangkat elektronik, semisal telepon hingga drone untuk mengintai dan bahkan bisa digunakan untuk memperbudak manusia.

Hingga kini, alat semacam "Eagle Eye" ini masih menjadi misteri dan menjadi rahasia tiap negara untuk digunakan memata-matai negara atau kelompok tertentu.

Total Recall (2012).

Total Recall
entertainmenttalk.com.au

Film Total Recall sebenarnya sudah dirilis pertama kali di tahun 1990, namun dibuat kembali pada tahun 2012 yang lalu, dan jika bicara tentang teknologi masa depan, maka Total Recall versi 2012 benar-benar menggambarkan kehidupan di masa depan.

Film Total Recall menceritakan tentang kehidupan di bumi yang sudah hancur, namun manusia tetap bisa hidup menggunakan teknologi yang ada di masa depan.

Film Total Recall menggambarkan teknologi yang saat ini sudah diterapkan, semisal chip yang bisa menyimpan data, dan juga teknologi touch screen yang diterapkan pada gadget kekinian.

Her (2013).

Her film
thepsychreport.com

Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi pencari "jodoh" seperti Tinder? Jika iya, teknologi yang digunakan saat ini seperti Tinder masih kalah jauh dengan teknologi yang digunakan dalam film Her.

Film ini menceritakan tetang Theodore (Joaquin Phoenix), seorang pria kesepian yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan suara wanita dalam sebuah teknologi A.I yang bernama Samantha (Scarlett Johansson).

Hal ini mungkin saja terjadi di masa depan, ketika banyak manusia kesepian yang akhirnya "jatuh cinta" dengan sebuah mesin.

Trascendence (2014).

Trascendence
www.artificial-intelligence.blog

Kemampuan manusia yang terlalu jenius bisa saja membawa petaka, dan hal itu yang terjadi pada Dr. Will Caster (Johnny Depp), yang menginginkan kesadaran manusia normal dalam sebuah teknologi komputer.

Film Trascendence menceritakan sebuah algoritma komputer yang mampu menjalankan perintah sesuai dengan kemampuan jenius manusia.

Namun, keinginannya ini menjadi sebuah malapetaka ketika Ia ingin mengacaukan dunia melalui pikirannya dalam sebuah komputer. Jadi, bukan tidak mungkin teknologi seperti ini bisa diciptakan di masa depan, namun pastikan berguna bagi orang banyak dan tidak merugikan orang lain ya!

Ready Player One (2018).

Ready Player One
www.empireonline.com

Steven Spielberg kembali menjadi salah satu sutradara hebat dalam menampilkan film yang mengangkat tema teknologi. Film Ready Player One yang dirilis tahun 2018 lalu ini menjadi gambaran teknologi yang ada di masa depan.

Film Ready Player One menceritakan tentang teknologi virtual reality yang mengubah kehidupan manusia, dan bahkan dalam film Ready Player One diceritakan sebuah kendaraan yang bisa berjalan secara otomatis, yang dibatasi antara dunia nyata dengan dunia maya.

Itulah 10 film yang memprediksi masa depan. Meskipun tidak semuanya tepat. Namun, jika ramalan dan prediksinya benar, kita sebagai sesama manusia harus sebijak mungkin menggunakan teknologi agar tidak merugikan orang lain.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

175 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
uzoners 24 April 2019 | 13:54:21

deretan film yang menggambarkan teknologi masa depan

Alfarizzi Iba Firgiawan 09 April 2019 | 12:34:21

filmnya sangat menarik untuk dilihat ya

PEPENG CHABIXX 08 April 2019 | 19:44:18

robot ini adalah orang yang ada di masa depan

Zira Azra 08 April 2019 | 18:07:58

semua juga pasti akan hancur apa yang mereka banggakan selama ini

Ubaidillah Ubaid 07 April 2019 | 00:18:30

filmnya sangat menarik untuk dilihat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top