20 Film Horor Terseram Sepanjang Masa

27 October 2018 by
20 Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Kami tahu bahwa jenis film horor memiliki sensasi mencekam tersendiri. Berikut ini merupakan pilihan film yang bisa Anda nikmati sambil menyambut malam Halloween, terdiri dari film klasik dengan kengerian yang tak habis oleh waktu, beberapa film modern, dan film dari beberapa negara di luar Hollywood. Kami yakin, semua ini akan memberikan teror menyeramkan yang sulit Anda lupakan.

1. Night of the Living Dead (1968)


Sebagai legenda dan pionir film horor, George Romero menampilkan sesuatu yang sedikit ganjil dalam film zombie klasiknya kali ini. Premisnya sebenarnya cukup sederhana, yaitu menghindari serangan zombie. Meski ditayangkan dalam film klasik hitam putih, masih dapat terlihat gumpalan-gumpalan darah kental yang mengalir dari makhluk-makhluk tersebut.



2. The Eyes of My Mother (2016)

Seorang gadis desa tengah diliputi dengan suasana kematian. Ibunya dibunuh dan ia tumbuh tanpa didampingi ayahnya, membuatnya hidup tanpa arah dengan dorongan keinginan untuk membunuh, menyiksa, dan mencederai orang lain. Memang terdengar mengerikan, sebab inilah inti dari film itu sendiri.  The Eyes of My Mother merupakan film indie yang diproduksi oleh Antonio Campos yang mampu mengungkap sisi jiwa tergelap.

 

3. Poltergeist (1982)

Jika teror badut dan mainan milik Carol Anne yang melayang-layang sendiri tidak menghantui mimpi Anda saat anak-anak, mungkin ada yang salah dengan masa kecil Anda. Film supernatural klasik ini menceritakan tentang perjalanan sebuah keluarga yang berada di daerah suburbia menuju sarang iblis, bahkan tanpa meninggalkan rumah mereka.

 

4. The Hitcher (2007)

Apabila ada cerita yang memperingatkan Anda untuk berhati-hati saat memberikan tumpangan pada orang asing di pinggir jalan, film The Hitcher lah salah satunya. Film ini mengisahkan sebuah perjalanan menegangkan mengenai anak muda bernama Jim Halsey (C. Thomas Howell)  yang memberikan tumpangan bagi seorang pria yang ternyata adalah pembunuh (Rutger Hauer).

Sementara itu, perjuangannya untuk menurunkan si pembunuh dari mobilnya tak pernah berhasil.

 

5. The Strangers

Film thriller yang satu ini dibintangi oleh Liv Tyler dan Scott Speedman. Diangkat dari cerita nyata, The Stranger mengisahkan tentang sepasang kekasih yang tengah mengalami kendala soal hubungan. Tak cukup dengan siksaan akan berakhirnya kisah cinta mereka, keduanya harus berhadapan dengan pembunuh bertopeng kejam yang menyerang kediaman mereka. Jangan khawatir apabila selama menonton Anda merasa ingin selalu menekan tombol pause untuk mengingatkan diri Anda bahwa ini adalah sebuah film belaka.

 

6. The Exorcist (1973)

Banyak penonton yang dibuat lemas oleh film The Exorcist. William Friedkin sebagai sutradara kali ini mengekspresikan sisi tergelap manusia ke layar lebar dan membuat penontonnya berdebar-debar ketakutan sembari ingin mengucapkan doa setelah menyaksikan kisah Regan ketika ia kerasukan roh jahat. Bahkan, Anda tidak akan bisa melewatkan sedikit pun detail menyeramkan dari film ini, termasuk ketika Regan berjalan merayap dengan badan terbalik.

 

7. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

Sebagai sutradara, Tobe Hooper menciptakan karakter klasik yang kejam dan menakutkan berjuluk Leatherface. Ia siap membantai dan menyiksa tanpa ampun siapapun yang datang ke wilayahnya. Setiap adegan begitu menegangkan, termasuk scene pesta makan malamnya yang terkenal.

 

8. Suspiria (1977)

Suspiria merupakan film pertama dari trilogi The Three Mothers di bawah arahan sutradara pionir genre giallo, Dario Argento. Dikisahkan ada seorang balerina yang bergabung dengan sekolah tari di mana tempat tersebut ternyata merupakan rumah penyihir gelap. Sudah pasti menakutkan, tetapi yang menjadi sorotan di sini adalah scene penuh darah disertai kemunculan ulat dan belatung yang akan membuat Anda bergidik.

 

9. The Shining (1980)

Stanley Kubrick sebagai sutradara tidak hanya berhasil mematahkan nalar dan imajinasi, tetapi ia juga mampu menciptakan sebuah film yang kaya akan simbol serta perumpamaan di dalamnya. Sehingga selain dibuat ngeri (dengan adegan koridor yang dibanjiri darah misalnya), Anda juga akan diajak untuk ikur menginterpretasikan berbagai persepsi dan teori yang ada. The Shining dibuat berdasarkan novel Stephen King, bercerita mengenai seorang penulis yang menerima pekerjaan sebagai penjaga hotel Overlook. Keberadaan hantu di hotel tersebut mengubahnya menjadi pribadi yang kejam dan gila.

 

10. The Devil's Backbone (2001)

Guillermo del Toro dikenal sebagai pengarah film yang ahli dalam mengajak penontonnya untuk ikut menyelami atmosfer horor yang nyata. Hal ini pula lah yang ia lakukan dalam film berjudul The Devil‘s Backbone, sebuah cerita psikodrama dengan latar belakang era perang saudara di Spanyol tentang seorang anak yatim piatu dan hantu bernama Santi. Sosok Santi sendiri terinspirasi dari arwah yang pernah mendatangi del Toro ketika ia masih kecil.

 

11. A Tale of Two Sisters (2003)

Menonton film ini saat siang hari bahkan tidak akan menyelamatkan Anda dari kengerian psycho-horror Asia di bawah arahan sutradara asal Korea Selatan, Jee-won Kim. A Tale of Two Sisters bercerita tentang dua saudara perempuan dan arwah yang menghantui mereka tanpa henti sepanjang waktu.

 

12.The Descent (2006)

Neil Marshall mengubah sebuah kesenangan dalam kegiatan susur gua menjadi pengalaman menyakitkan. Wanita-wanita yang menjadi tokoh utama dalam film ini terjebak dalam gua. Mereka harus berusaha bertahan hidup bukan hanya karena kondisi alam yang mengancam tetapi juga adanya serangan dari penghuni-penghuni liar yang tinggal di dalam gua tersebut. Ketegangan film The Descent akan membuat Anda selalu menahan nafas.

 

13. El Orfanato (2007)

Tidak seperti biasanya, kali ini tak ada adegan berdarah dalam film El Orfanato yang diproduseri oleh Guillermo del Toro. Film ini menyajikan sebuah twist yang cukup mengusik Anda serta mengungkapkan hal mengerikan yang dialami oleh karakter utama bernama Laura ketika ia mencari anaknya yang  hilang. Nantinya, Anda juga akan diajak bertemu dengan anak-anak aneh dibalik topeng seram.


14. Inside (2008)

Filmmaker Alexandre Bustillo dan Julien Maury menggarap sebuah film gore Prancis, menceritakan tentang seorang ibu yang berusaha mempertahankan janin di perutnya dari perempuan asing yang berupaya menggunting perutnya pada malam natal. Bagi Anda yang tidak tahan, bersyukurlah bahwa film ini berdurasi 80 menit saja.

 

15. Lovely Molly (2012)

The Blair Witch Project yang disutradarai Eduardo Sanchez dikenal sebagai sebuah ikon film horor yang penuh sensasi seram dan perintis subgenre ini. Namun, ada satu film lain yang mampu menandinginya. Lovely Molly akan membuat telapak tangan Anda berkeringat dengan kisah seorang pengantin perempuan yang hidupnya terjerat oleh iblis bertanduk.

 

16. The Babadook (2014)

Sutradara asal Australia, Jennifer Kent, mengajak para penggemar berat film horor untuk menyaksikan karyanya yang lebih gelap dengan durasi yang lebih panjang dari film pendeknya yang berjudul Monster. Dengan mengaplikasikan efek-efek praktis disertai dengan narasi mengerikan, Jennifer mengungkapkan satu hal yang banyak orang tak ingin mengakuinya, bahwa sebenarnya ada monster di setiap diri kita masing-masing.

 

17. Starry Eyes (2014)

Jika Anda merupakan penggemar film body horror semacam The Fly dan sanggup untuk menyaksikan hal-hal brutal seperti yang ada di dalam film Martyrs, maka selanjutnya Anda bisa menguji tingkat ketahanan dengan menonton film Starry Eyes. Seorang gadis ambisius bernama Sarah mau melakukan apa saja demi impiannya menjadi bintang film ternama. Pada akhirnya ia bertransformasi menjadi sosok baru dan Anda harus bersiap untuk menangkal segala keseramannya bahkan setelah film ini usai.

 

18. The Taking of Deborah Logan (2014)

The Taking of Deborah Logan dipenuhi dengan kehadiran roh jahat yang kuat, sehingga tak satu pun kekuatan suci mampu menangkalnya. Jill Larson memerankan karakter utama yang menderita penyakit Alzheimer yaitu Deborah Logan, di mana ia berhasil mengekspresikan sosok mengerikan dalam film satir yang membahas tentang penyakit ini serta ilmu sihir dan wujud ular. Hal-hal tersebut sebenarnya lebih buruk dari sekadar apa yang Anda pikirkan.

 

19. The Witch (2016)

Dengan latar tempat New England, cerita klasik yang ditulis dan diarahkan oleh Robbert Eggers ini menjadi panggung bagi penampilan cemerlang Anya Taylor-Joy sebagai tokoh utama bernama Thomasin. Film The Witch tentu dipenuhi dengan hal-hal gaib dan turut menampilkan makhluk dalam wujud seekor kambing hitam bernama Black Philip yang juga menjadi perhatian.

 

20. Get Out (2017)

Jordan Peele yang biasa dikenal dengan komedinya mencoba menghadirkan sesuatu yang baru dalam genre horor, yaitu mengangkat tema rasisme di budaya Amerika. Film yang dibintangi oleh Daniel Kaluuya ini menceritakan tentang perbudakan cara baru yang dilakukan oleh keluarga Armitage terhadap orang-orang berkulit hitam. Get Out lebih dari sekadar cerita thriller yang mencoba mengungkapkan bahwa kultur rasisme sebenarnya masih berlanjut bahkan semakin memanas meski Amerika telah berada di era post-racial.


 

(Penulis: DeAnna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Bazaar US)

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1214 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria 20 May 2019 | 05:32:15

nonton film terlalu banyak juga bikin pusing

Alfaridzi Aziz 20 May 2019 | 04:52:53

menakutkan juga film film tersebut

Ahmad Habibi 19 May 2019 | 23:09:15

semoga film horornya bis berkembang didunia ya

uzoners 13 April 2019 | 16:07:52

wah keren 20 film horor ini terseram sepanjang masa,rekomendasi

Dini Kurniawati 26 February 2019 | 14:27:14

lebih serem film horor thailand..bikin saya merinding

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top