25 Film Natal Paling Lucu Sepanjang Masa

16 December 2018 by
25 Film Natal Paling Lucu Sepanjang Masa

Lupakan sejenak akan atmosfer Natal yang konvensional. Percayalah, Natal Anda akan semakin semarak dengan kehadiran sinterklas konyol hingga pembunuh bayaran yang beraksi dalam film komedi. Kali ini, Bazaar menghimpun 25 film Natal paling lucu yang dapat menemani Anda terpingkal selama liburan akhir tahun.

 

1. Metropolitan (1990)

Jika sebelumnya Anda pernah menonton film-film arahan Whit Stillman seperti Damsels in Distress dan Love & Friend, Anda mungkin akan mendapatkan kesan bahwa filmnya memiliki ide ceritanya yang cerdas.

Begitu pula dengan Metropolitan yang dirilis pada tahun 1990 silam, Whit menunjukkan kekhasannya dalam menyajikan cerita komedi tersebut. Film drama klasik ini bercerita tentang sekelompok orang Manhattan dari kalangan atas yang senang bergosip dan bercengkrama soal kehidupan sosial.

 

2. Kiss Kiss, Bang Bang (2005)

Kiss Kiss, Bang Bang disutradarai oleh Shane Black, menyoroti kisah seorang kriminal bernama Harry yang berpura-pura menjadi aktor untuk sebuah film detektif.

Meski demikian, nuansa Natal masih cukup terasa dalam film ini dan cocok untuk disaksikan pada musim liburan akhir tahun. Humor-humor cheeky diucapkan langsung dari Robert Downey Jr. yang merupaklan aktor favorit setiap orang.

 

3. Christmas in Connecticut (1945)

Film ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Elizabeth Lane (Barbara Stanwyck) yang berpura-pura menjadi ibu rumah tangga yang sempurna. Memang terkesan biasa saja, namun Peter Godfrey menambahkan bumbu kisah romantis dengan kehadiran seorang bayi yang akan membuat film Christmas in Connecticut menarik untuk disimak.

Sang wanita merupakan seorang jurnalis yang pandai dalam menulis artikel masakan, tetapi nyatanya ia bahkan tidak memiliki keahlian untuk memasak sedikit pun dan harus menerima tantangannya saat Natal tiba.

 

4. A Christmas Story (1983)

Natal tak akan lengkap tanpa kehadiran film komedi arahan Bob Clark yang satu ini. A Christmas Story mengambil latar waktu di tahun 1940-an, di mana seorang anak kecil bernama Ralphie yang mengutarakan kepada setiap orang tentang keinginannya untuk memiliki senjata Red Ryder BB sebagai hadiah Natal. Film yang penuh tawa ini tentu akan menjadi hiburan bagi Anda.

 

5. Christmas with the Kranks (2004)

Cerita ini diadaptasi oleh Chris Columbus ke layar lebar dari novel John Gisham yang berjudul Skipping Christmas. Humor banyak dilontarkan oleh Tim Allen sebagai salah satu tokoh utamanya. Christmas with the Kranks bercerita tentang sepasang suami istri (Tim Allen dan Jamie Lee Curtis) yang berencana menikmati masa liburan Natal dengan berlayar berdua.

Sayangnya, keduanya terpaksa harus mengubah rencana sebab anak perempuan mereka satu-satunya memutuskan untuk pulang ke rumah bersama tunangannya.  

 

6. Love Actually

Love Actually merupakan salah satu film unggulan dan terlucu dari sutradara Richard Curtis yang dapat merepresentasikan suasana Natal.

Drama asal Inggris tersebut menggabungkan kisah asmara dan juga kehilangan yang terjadi di antara delapan orang pasangan di London satu bulan sebelum hari Natal. Beberapa bintang ternama yang bermain peran film ini adalah Keira Knightley, Hugh Grant, Liam Neeson, Colin Firth, dan Alan Rickman.

 

7. Home Alone (1990)

Selama hampir 30 tahun, Home Alone tidak pernah absen untuk mengisi masa-masa liburan akhir tahun. Cerita film komedi ini tentu sudah diingat banyak orang, yaitu tentang keluarga McCallister yang tak sengaja meninggalkan anak laki-laki mereka sendirian di rumah saat libur Natal.

Walau demikian, kekonyolan yang terjadi di antara Kevin (Macaulay Culkin) dan sepasang perampok (Joe Pesci dan Daniel Stern) tidak pernah membuat tawa penontonnya terhenti seiring bergantinya tahun.

 

8. Office Christmas Party (2016)

Beberapa aktor dan aktris populer hadir untuk memeriahkan Office Christmas Party, di antaranya adalah Jason Bateman, Olivia Munn, Jennifer Aniston, dan Kate McKinnon. Sementara itu, duo sutradara dari Blades of Glory yaitu Josh Gordon dan Will Speck duduk di kursi sutradara.

Film komedi tersebut mengusung kisah tentang karyawan di sebuah perusahaan yang mengadakan sebuah pesta untuk merayakan Natal di kantor, termasuk dengan menghadirkan seorang DJ. Kegilaan yang terjadi di antara mereka membuat perayaan ini menjadi tidak terkendali.

 

9. Krampus (2005)

Dalam legenda di Eropa tengah, Krampus dipercaya sebagai sosok iblis bertanduk dengan wujud menyerupai seekor kambing. Berbeda dengan Santa, ia datang di saat Natal untuk menghukum mereka yang berperilaku buruk.

Disfungsi yang terjadi  di antara keluarga dalam film fantasi berjudul Krampus ternyata membangkitkan sang iblis dan kemudian menghantui mereka selama Natal. Walaupun terdengar menyeramkan, banyak dialog lucu dari pemerannya yang mampu membuahkan tawa. Krampus berada di bawah arahan sutradara Michael Dougherty serta turut dibintangi oleh Toni Collete, Adam Scott, dan Amjay Anthony.

 

10. Mean Girls (2004)

Memasukkan Mean Girls sebagai film Natal sama halnya dengan menyandingkan queen bee Regina George dengan Miss Congeniality (film tentang ratu kecantikan yang dirilis menjelang Natal di tahun 2000).

Satu hal yang pasti dan paling mudah diingat adalah momen ikonik Rachel McAdams bersama Lindsay Lohan dan kawan-kawannya saat menampilkan aksi Jingle Bell Rock di atas panggung. Rasanya, tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkan film hasil kolaborasi skenario Tina Fey dan sutradara Mark Waters yang satu ini.

 

11. Elf (2003)

Elf menjadi salah satu film liburan terpopuler dari tangan sutradara John Favreau. Film ini mengisahkan tentang seorang elf baik hati dan manis yang ternyata adalah anak manusia.

Jika Anda tidak tertawa sedikitpun saat menyaksikan aksi Will Ferrell yang membawakan perannya dalam film ini, mungkin kami bisa mengkategorikan Anda sebagai cotton-headed ninny muggings.

 

12. Just Friends (2005)

Ryan Reynolds dan Anna Faris kompak beraksi dalam film komedi mereka, Just Friends. Ryan yang memerankan karakter Chris Brander akhirnya mengungkapkan perasaan cinta kepada gadis impiannya yaitu Jamie (Amy Smart).

Sayangnya, Jamie menolak permohonan Chris untuk melangkah lebih jauh dan menganggap hubungan mereka hanya sebagai teman.

Hingga akhirnya, Chris pindah menuju Los Angeles dan memiliki kehidupan di sana sebagai manajer musik. Sepuluh tahun kemudian, satu keadaan membawanya pulang ke kota asalnya dan mempertemukannya kembali dengan Jamie. Ia pun mencoba untuk menjalin hubungan yang lebih dari sekadar berteman.

 

13. Scrooged (1988)

Scrooge tentu bukan lah sosok yang asing dalam novela Natal berjudul A Christmas Carol karangan Charles Dickens. Dalam film ini, sang protagonis digambarkan dengan sosok Bill Murray, seorang pria yang bekerja di sebuah stasiun televisi dan memperlakukan karyawannya secara tidak menyenangkan.

Ia kemudian didatangi oeh tiga sosok hantu dari masa lalu, hantu masa kini, dan hantu masa depan pada malam Natal.  Scrooged disutradarai oleh Richard Donner dan menjadi film klasik dari era 1980-an yang tidak boleh dilewatkan.

 

14. National Lampoon’s Christmas Vacation (1989)

Ketika hari raya Natal menjelang, keluarga Griswold mempersiapkan diri untuk merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga besar. Sayang sekali, Clark Wilhem sang ayah harus tertimpa kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan.

Saksikanlah aksi komikal mereka sepanjang durasi 97 menit dalam film A National Lampoon’s Christmas Vacation.

 

15. Bad Santa (2003)

Perlu diakui bahwa setiap orang yang berada di balik pakaian merah khas Sinterklas hanya berpura-pura menjadi sosok pria tua baik hati yang hadir untuk memberi hadiah ketika Natal tiba. Pencipta Bad Santa nampaknya menyadari akan hal ini, hanya saja cerita disajikan secara berbeda.

Dikisahkan seorang pria sengaja mengenakan pakaian Santa Claus dalam melancarkan aksinya untuk merampok sebuah pusat perbelanjaan. Film jenaka yang disutradarai oleh Terry Zwigoff ini sudah jelas memiliki nuansa Natal yang kental dan akan menjadi hiburan pada masa liburan Anda.

 

16. Trading Places (1983)

Bila Anda ingin tertawa, film-film yang dibintangi oleh Eddie Murphy bisa menjadi pelipur bagi Anda. Tidak terkecuali adalah Trading Places. Di sini Eddie memainkan karakter Billy Ray Valentine,seorang pria jalanan yang karena suatu insiden akhirnya bertukar tempat dan peran sebagai pengusaha muda sukses kaya raya.

 

17. Why Him? (2016)

Momen ketika orang tua bertemu dengan pasangan anaknya bisa berubah menjadi situasi yang canggung atau bahkan penuh tekanan. Apalagi bila pria yang menjadi kekasih anak Anda ternyata adalah seorang milyader di bidang teknologi yang tidak bisa mengontrol ucapan dan sumpah serapahnya.

Ide inilah yang diangkat oleh John Hamburg sebagai penulis skenario dan sutradara di film komedinya yang berjudul Why Him? James Franco dipercaya untuk memegang peran sebagai pria kaya raya itu, di mana ia juga beradu akting bersama dengan Zoey Deutch dan Bryan Cranston.

 

18. The Night Before (2015)

The Night Before termasuk salah satu film spesial yang dirilis di tahun 2015. Jonathan Levine bertindak sebagai pengarah film, membawakan cerita tentang tiga orang sahabat (diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt, Seth Rogen, dan Anthony Mackie) yang bertemu untuk berpesta pora di malam Natal dan bertualang mencari Nutcracka Ball.

 

19. A Very Harold & Kumar Chirstmas (2011)

Film bergenre stoner comedy ini mengisahkan petualangan konyol dua karakter bernama Harold Lee (John Cho)  dan Kumar Patel (Kal Penn). Semua bermula ketika Kumar mengantarkan sebuah paket ke rumah Harold dan tidak sengaja membakar pohon natal milik ayahnya.

Demi menyelesaikan masalah, kedua sahabat tersebut kemudian berkeliling New York demi menemukan pohon pengganti yang terbaik.

 

20. Four Christmases (2008)

Berkunjung ke rumah sanak saudara selama hari raya merupakan hal yang umum sekaligus melelahkan. Apalagi bila harus menyambangi empat keluarga. Itulah yang dialami oleh Reese Witherspoon dan Vince Vaugh saat mereka bermain sebagai pasangan yang tinggal bersama.

Ketika rencana liburan mereka gagal, keduanya harus mendatangi keempat orang tua mereka yang telah berpisah beserta keluarga lainnya yang eksentrik.

Meski naskah ceritanya terbilang kurang meyakinkan, film arahan Seth Gordon ini tetap masih bisa dinikmati untuk mengocok perut Anda.

 

21. Bridget Jones’s Diary (2001)

Sebagian kehidupan Bridget Jones setidaknya menggambarkan apa yang pernah kita alami. Misalnya saja, menghabiskan waktu sendirian di saat liburan hari raya dan menonton acara televisi di atas sofa dalam balutan piama sambil menenggak segelas wine atau minuman favorit lainnya. Satu hal yang pasti, film Bridget Jones’s Diary akan membuat Anda tertawa tanpa henti di sepanjang film.

 

22. In Bruges (2008)

Natal bukanlah fokus utama dari film bergenre tragicomic yang berjudul In Bruges. Dalam kesempatan ini, Natal bisa menjadi sebuah alasan bagi dua orang pembunuh bayaran (Brendan Gleeson dan Colin Farrell) untuk mengalihkan perhatian dan menyembunyikan diri setelah misi mereka gagal.

Pesona indah kota Bruges yang terletak di Belgia disertai dengan komponen jenaka benar-benar membuat film ini menarik untuk disimak.

 

23. 8 Women (2002)

Unsur komedi, musikal, dan misteri dipadukan menjadi satu dalam sebuah film arahan Francois Ozon yakni 8 Women. Tidak sekadar membuat Anda tertawa, film ini juga akan mengajak Anda untuk menyelidiki dan mengikuti petunjuk yang diberikan dalam memecahkan perkara pembunuhan tuan rumah sebuah mansion di Prancis. Tersangkanya adalah delapan orang wanita terdekat yang masing-masing memiliki motif berbeda.

 

24. The Miracle of Morgan’s Creek (1994)

The Miracle of Morgan’s Creek sebenarnya tidak kalah spektakuler dengan film Natal klasik lainnya yang lahir di tahun 1940-an.  Karya sutradara Amerika bernama Preston Sturges tersebut menceritakan tentang seorang gadis muda yang telah menikah dan mengandung. Satu hal yang menjadi masalah adalah ia tidak tahu siapa suami sekaligus calon ayah dari anaknya.

 

25. A Midwinter’s Tale (1996)

Seorang aktor berupaya untuk memproduksi drama natal yang diangkat dari salah satu cerita tragedi karya Shakespeare. Ia mengumpulkan banyak orang yang nantinya akan bermain peran dalam kisah Hamlet.

Dengan demikian, ia berharap dapat membantu saudara perempuannya demi mempertahankan keberadaan sebuah gereja. A Midwinter’s Tale merupakan salah satu karya komedi dari bintang film sekaligus sutradara kenamaan asal Inggris, Kenneth Branagh. Film ini disajikan dengan nuansa klasik yang nampak pada tampilan hitam putih. 

 

(Penulis: DeAnna Janes, Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia, Foto: Courtesy of Bazaar US)

Natal Film 

Apa Reaksi Anda ?

Love
64%

Suka

Laugh
9%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
27%

Sedih

Angry
0%

Marah

937 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Fadli wae 26 February 2019 | 07:20:35

wah sangat bafus bisa di contoh meteopilitan sangat baik

Novall Faizal 17 February 2019 | 22:11:29

Begitu pula dengan Metropolitan yang dirilis pada tahun 1990 silam,

Crome XD 27 January 2019 | 02:19:36

i climb every mountain and swimm every ocean just to be with you and fix wht i broken cause i need you too see youare the reason

Crome XD 27 January 2019 | 02:18:34

disaat ku terpatih tanpa kau disini kau tetap kunanti demi keyakinan ini jika memang kau lah tulang rusuk ku... ku akan nikmati hari bersama mu, jgn lah hilang dri hidup ku, komen seadanya boy point

zhaki 1987 22 January 2019 | 14:50:44

hhhh emang lucu saya suka liatnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top