5 Alasan Kuat Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC

12 May 2019 by
5 Alasan Kuat Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC

Sadar atau nggak, 10 tahun terakhir dunia layar lebar diramaikan dengan berbagai film adaptasi, live action, dan superhero dari Hollywood. Seiring perkembangan zaman, film superhero mencuri banyak perhatian karena perkembangannya yang sangat pesat, utamanya film Marvel dan DC.

Suka atau nggak, film marvel dan DC selalu bersaing satu sama lain secara bergantian. Mereka memegang kuasa dari sekian banyak film superhero yang rilis di dunia. Film marvel sering dibilang lebih sukses dari film DC. Tapi apakah benar begitu?

Berikut 5 Alasan Kuat Kenapa Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC

Alasan di bawah ini merupakan alasan yang masuk akal untuk mengatakan bahwa film Marvel sering lebih unggul dibandingkan dengan film DC. Apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini!

Latar belakang karakter yang nggak cukup masuk akal.

Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC
wallpapersite.com

Mark Millar, penulis yang pernah bekerja untuk adaptasi film Marvel dan DC mengatakan bahwa alasan kenapa banyak orang lebih memilih Marvel adalah karena karakter DC Comic nggak terlalu cinematic atau bisa dikatakan karakter mereka sedikit nggak cocok untuk dijadikan film karena nggak masuk akal.

Millar mengatakan, superhero milik MCU berasal dari orang-orang biasa seperti Peter Parker yang seorang anak sekolah, atau Tony Stark yang merupakan seorang pengusaha. Sedangkan superhero dari DC mengisahkan bayi yang dikirim dari luar angkasa menjadi Superman, membuatnya terlihat mustahil untuk dicerna.

Kecuali Batman, DC Comic nggak menggunakan karakter identitas rahasia, melainkan berdasar kekuatan super mereka.

Itulah yang membuat banyak orang memilih Marvel karena lebih relatable dengan kehidupan sehari-hari atau masuk akal untuk dicerna.

Superhero DC nggak cocok dengan abad 21.

Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC
www.cinemablend.com

Milar juga mengatakan jika karakter DC termasuk old school dan ketinggalan zaman. Mereka masih belum melek teknologi, membuat karakternya semakin terlihat membosankan kecuali kekuatan dan cara bertarungnya.

Mungkin pernyataan Miller memang sedikit kontroversi karena film Wonder Woman, Batman dan Aquaman berhasil mendapat apresiasi tinggi baik dari kritikus atau pun penonton. Tapi jika dibandingkan dengan MCU, mungkin perkataan Miller ada benarnya.

Post Credit

Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC
www.youtube.com

Satu hal yang bikin MCU unggul dari DCEU adalah post credit-nya. Iron Man, Captain America hingga The Avengers memiliki keterkaitan satu sama lain hingga spoiler dari film selanjutnya. Hal ini yang membuat film mereka semakin unggul dibandingkan dengan film superhero lainnya.

Crossover ini membuat para penggemar bahagia karena superhero favorit mereka bisa berinteraksi satu sama lain. DCEU juga melakukan hal tersebut dalam Justice League, tapi dengan jalan cerita yang buruk, film tersebut gagal bisa menyaingi milik MCU.

Aktor dan artis Marvel yang berkomitmen.

Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC
eng.amomama.com

Nggak bisa dipungkiri, alasan film marvel lebih sukses dari DC sebenarnya dipengaruhi oleh para aktor dan arti di dalamnya.

Kita harus mengakui juga kalau kemampuan Marvel Studios melakukan pemilihan peran dengan baik, seperti memilih Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark, atau memilih aktor bukan papan atas seperti Chris Hemsworth sebagai Thor dan Letitia Wright sebagai Shuri.

Mendiang Stan Lee juga memuji akting Chris Evans dan Tom Holland yang memerankan karakter mereka dengan baik dan berharap mereka bersama selamanya. Dengan pengumuman Ben Affleck dan Henry Cavill meninggalkan karakter Batman dan Superman, menandakan DCEU memilih aktor yang nggak cukup “setia”.

Selera humor.

Film Marvel Lebih Sukses dari Film DC
movieweb.com

Kita semua tahu jika DCEU memang terkenal dengan universe yang terlalu gelap. Ketika mereka memutuskan untuk memasukkan humor di dalamnya, hasilnya malah buruk dan terkesan cringy.Sedangkan MCU berhasil membawa humor dari dialog mereka.

Banyak film mereka mengandung selera humor, dari dialog yang membuat tersenyum tipis hingga tertawa terbahak-bahak, semua ada di film Marvel. Hal ini membuktikan Marvel mampu menghasilkan jalan cerita yang unik dan menarik, tapi nggak gagal membawa penonton merasakan emosi yang lainnya.

Itu tadi 5 alasan kuat kenapa film Marvel lebih sukses dari Film DC. Nggak berarti film DC selalu gagal di pasaran, karena film DCEU juga punya ciri khas tersendiri. DC ataupun Marvel, keduanya sama-sama telah menghasilkan komik superhero yang layak diapresiasi dan dicintai.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

228 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ahmad Rahnan 19 June 2019 | 05:03:28

kalau di satukan pasti akan jadi lebih kuat

Axis Hitz 14 June 2019 | 22:11:47

benar juga dan ceritanya yang selalu bikin penasaran nih

Raihan rayyan 14 June 2019 | 21:32:00

marvel superheronya kocak kocak

Anton Yanto 11 June 2019 | 03:53:48

soalnya film marvel superheronya lebih banyak ya

Damha sa 07 June 2019 | 06:40:22

ya memang marvel lebih sukses dari dc lah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top