5 Film Seru yang ‘Menerawang’ Teknologi Masa Depan

24 October 2018 by
5 Film Seru yang ‘Menerawang’ Teknologi Masa Depan

Uzone.id -- Dari sekian banyak genre, film yang memiliki tema besar tentang teknologi selalu menarik untuk dibahas. Selain karena serba canggih, proses menggarapnya pun nggak sembarangan.

Ambil contoh film ‘Minority Report’ yang dirilis 2002. Latar film garapan Steven Spielberg adalah tahun 2054 dengan genre fiksi ilmiah. Sebelum memulai syuting, Spielberg mengaku berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli seperti ilmuwan komputer, filsuf, seniman, hingga arsitek.

Karena mau bagaimanapun, konsep harus nyata dan masuk akal seperti multi-touch interface, pemindai retina, electronic paper, hingga software untuk memprediksi kasus kriminal.

via GIPHY

Bayangkan saja, teknologi dari film yang dirilis 16 tahun kemudian sudah kejadian di masa sekarang. Ada beberapa perangkat teknologi seperti smartphone hingga laptop yang dapat memindai retina mata untuk membuka kunci. Badan intelijensi yang menggunakan program pintar untuk melacak kriminal, dan lain sebagainya.

Tak hanya ‘Minority Report’, ada deretan film yang menggunakan tema besar teknologi canggih yang sangat mungkin terjadi di masa depan, gaes. Bisa tebak apa saja?

1. Her (2013)

Apa yang disajikan: film drama ini diisi oleh teknologi canggih di mana-mana tanpa latar yang serba futuristik. Karakter bernama Theodore menjadi semakin dekat dengan sistem operasi cerdas bernama Samantha.

Apa yang mungkin terjadi: teknologi Samantha sudah terjadi seperti asisten pribadi Siri dari Apple atau Alexa dari Amazon. Pakar teknologi Ray Kurzweil meramalkan, pada 2029 akan ada teknologi yang betul-betul bisa membantu kondisi psikologis manusia. Contohnya, robot anak anjing yang dapat membantu pasien demensia.

2. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Apa yang disajikan: Pasangan bernama Joel dan Clementine merekrut Lacuna Inc. untuk menghapus ingatan mereka yang berkaitan dengan hubungan percintaan yang kandas di tengah jalan supaya gampang move on.

Apa yang mungkin terjadi: mengutip Vice, tim ilmuwan menemukan ada gen di tikus yang berpotensi dapat menghapus memori. Mereka menguji coba obat bernama HDAC2 untuk memanipulasi otak tikus dan mengklaim berhasil ‘menghapus’ kenangan traumatis. Bisa jadi teknologi ini dapat diaplikasikan ke manusia.

3. Pacific Rim (2013)

Apa yang disajikan: manusia menciptakan Jaegers, robot raksasa yang bergerak berdasarkan otak, perasaan, dan pergerakan dari manusia yang menungganginya untuk melawan monster asing bernama Kaiju.

Apa yang mungkin terjadi: perusahaan Suidobashi Heavy Industries di Jepang telah menciptakan Kuratas, robot setinggi 4 meter bobot 5,4 ton yang dapat ‘dihuni’ manusia. Robot raksasa itu siap dijual seharga US$1,3 juta atau setara Rp19 miliar. Kuratas disebut bisa merealisasikan impian manusia menjadi pilot robot dan menjadi aset pertahanan.

4. Wall-E (2008)

Apa yang disajikan: setelah perusahaan besar Buy-N-Large merusak Bumi, manusia harus hidup di dalam wahana yang mirip seperti pesawat antariksa. 700 tahun kemudian, kondisi jadi lebih buruk, yakni semua manusia bergerak pakai hover-chair alias kursi melayang, obesitas, dan sibuk dengan media sosial.

Apa yang mungkin terjadi: para peneliti di Kobe Gakuin University mengembangkan prototype Hoveround, kursi yang dapat melayang di udara dan bisa mengangkat beban mencapai 150 kilogram. Katanya sih, tujuan mereka ke depannya Hoveround bisa digunakan untuk mobilitas orang-orang lansia.

5. Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Apa yang disajikan: jangan protes dulu hanya karena film ini jadul. Salah satu adegan ikonis dari film ini adalah ketika karaker Putri Leia dan Luke Skywalker sedang dikejar-kejar di hutan Endor dengan menaiki motor hybrid yang dapat melayang.

Apa yang mungkin terjadi: perusahaan teknologi Aerofex mengembangkan hoverbike alias motor terbang yang dapat melayang setinggi 3 meter di atas tanah dengan kecepatan 72 kilometer per jam pada 2014 lalu. Teknologi satu ini bahkan sudah terjadi meski belum ada kelanjutannya lagi bakal seperti apa. Bayangkan kalau di masa depan motor terbang bisa menjadi salah kendaraan yang umum digunakan. Serasa lagi di dunia ‘Star Wars’ pasti!

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1142 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Josh Panjoel 21 September 2019 | 10:44:07

Film bergenre sci-fi kadang malah membingungkan yak

5 Septem 20 September 2019 | 21:57:19

Film bergenre sci-fi kadang malah membingungkan yak

La La Love 19 September 2019 | 11:55:04

Film bergenre sci-fi kadang malah membingungkan yak

21 agustus 17 September 2019 | 18:13:23

Film bergenre sci-fi kadang malah membingungkan yak

7 Sep 17 September 2019 | 13:54:28

Film bergenre sci-fi kadang malah membingungkan yak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top