7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia

18 May 2019 by
7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia

 

Film Hollywood nggak semuanya aman di Indonesia, bahkan beberapa film tersebut dilarang tayang di Indonesia. Alasan larangan tayang pun beragam, baik itu persoalan politik, budaya dan agama.

Bagaimanapun itu, pelarangan film Hollywood di Indonesia tidak terlalu berpengaruh saat ini. Pasalnya, di tengah kemajuan tekonologi digital saat ini film-film Hollywood yang dilarang dapat diakses melalui berbagai macam cara secara digital.

Berikut 7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia

Beberapa film Hollywood yang dilarang di antaranya bertemakan politik dan agama, ataupun karena terlalu sadis dan karena banyak mengumbar sensualitas. Hal seperti ini emang sangat sensitif di Indonesia. Yuk kita bahas, film-film Hollywood apa saja yang dilarang tayang.

The Year of Living Dangerously (1982)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia The Year of Living Dangerous
www.cineaste.com

Film Hollywood yang dilarang tayang pertama berjudul The Year of Living Dangerously. Film ini diangkat dari novel yang berjudul sama karya C. J. Koch.

Film ini mengangkat cerita tentang kisruh politik Indonesia dalam kerusuhan 30 September 1965. Jelas kemudian hal itu penyebab utama pelarangan film ini. Maka khawatir menyebabkan keributan, Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia memutuskan melarang film ini tayang di Indonesia pada tahun 1980-an.

Schindler’s List (1993)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia Schindler’s List
www.slashfilm.com

Film Schindler’s List menceritakan tentang pembantaian Yahudi oleh Nazi saat Perang Dunia II. Karena alur ceritanya tersebut maka film Hollywood ini dilarang tayang di Indonesia.

Isu seputar Yahudi dan pembantain saat itu merupakan isu sensitif di Indonesia, memperitimbangkan hal tersebut maka LSF melarang film ini tayang di Indonesia.

Balibo (2009)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia Balibo
www.filmink.com.au

Film Balibo menceritakan tentang wartawan senior Australia bernama Roger East dalam pencarian akan lima koleganya yang hilang di Balibo, Timur Leste. Film ini berseting waktu pada Oktober 1975, saat Timur Leste masih menjadi Timor Timur, bagian Indonesia.

Film ini berkisah tentang TNI Indonesia yang dicitrakan berdarah dingin dan tidak mengenal ampun. Karena diduga akan memicu konflik Indonesia-Australia, LSF segera melarang film ini tayang di Indonesia.

Evil Dead (2013)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia Evil Dead
pfangirl.blogspot.com

Film Evil Dead merupakan film horor yang bercerita tentang sebuah pohon tua yang dihuni mahluk halus yang sering melakukan tindak kejahatan, salah satunya termasuk menodai wanita.

Pelarangan film ini karena ceritanya yang dianggap konyol dan banyak adegan yang tidak layak menjadi tontonan. Film Evil Dead (2013) merupakan remake dari Evil Dead (1981), namun film yang terbarunya pun sempat tayang sebentar dan kemudian ditarik kembali dari edaran.

Noah (2014)

Film Hollywood DIlarang Tayang di Indonesia Noah
lutheran-church-regina.com

Film Noah ini saat tahun rilisnya sempat menjadi perbincangan, karena cerita film ini mengangkat kisah Noah (Nabi Nuh) dalam kitab suci, ketika menghadapi bencana banjir besar.

Film yang mengangkat tema agama selalu menjadi hal sensitif di Indonesia, terutama dengan mayoritas penduduk beragama Islam di Indonesia dan sedangkan film ini mengangkat cerita dari versi Bible.

LSF dengan tegas kemudian memutuskan untuk melarang film Noah mencegah konflik dan tindakan intoleran terjadi di Indonesia.

Fifty Shades of Grey (2015)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia Fifty Shades of Grey
www.harpersbazaar.com

Film Hollywood yang dilarang tayang di Indonesia selanjutnya adalah film Fifty Shades of Grey. Alasan utama pelarangan film ini karena banyaknya adegan seksual yang sangat vulgas dan sadis.

Isu agama, politik dan hal-hal tabu, termasuk juga adegan seks, dalam film selalu menjadi faktor utama pelarangan sebuah film di Indonesia.

Dirty Grandpa (2016)

Film Hollywood Dilarang Tayang di Indonesia Dirty Grandpa
lwlies.com

Film terakhir yang melengkapi daftar film Hollywood yang dilarang tayang di Indonesia yaitu Dirty Grandpa. Film ini diperankan oleh aktor Hollywood senior Robert de Niro.

Film ini bergenre komedi dewasa, menceritakan tentang seorang kakek yang mengajak cucunya berlibur sebelum melakukan pernikahan. Di tengah masa liburannya tersebut, sang kakek mengajarkan hal-hal dewasa kepada sang cucu.

Konten-konten dewasa dan ucapan-ucapan kotor yang terlalu banyak dalam film tersebut menjadi alasan pelarangan film ini tayang di Indonesia.

Walaupun LSF secara resmi telah melarang film-film di atas tayang di Indonesia, namun buat temen-temen yang penasaran bisa mengakses film Hollywood yang dilarang melalui internet. Jadi, di antara temen-temen yang udah nonton film-film di atas, apakah alasah pelarangan film-film di atas dapat diterima?

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

286 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
RENDI PANCA SAPUTRA 21 July 2019 | 13:55:24

ini film hollywood yang di larang di indonesia teryata

Bayu_limen42 21 July 2019 | 13:44:00

harus ada lembaga yang bisa meneliti film film luar

Muhammad Rizal 21 July 2019 | 12:41:28

Balibo ceritanya memang sangat bahaya

Nursidik Anjaay 21 July 2019 | 12:27:08

kenapa dilarang ya filmnya bagus ya kawan

budi kempung 21 July 2019 | 12:17:40

wah mungkin banyak adegan kekerasan kali ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top