7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang!

20 May 2019 by
7 Film Jadul Terbaik Tentang Pembunuhan. Klasik tapi Tegang!

 

Film adalah media yang tepat untuk mengangkat suatu cerita yang unik, penuh misteri, dibumbui sedikit fantasi dan imajinasi. Dalam film kita bisa melihat dunia yang selama ini tidak kita ketahui, atau mungkin tidak kita duga sama sekali.

Perpaduan audio, visual, kualitas akting, dan penggarapan yang matang, sebuah film bisa sangat menghibur, bahkan lebih dari itu, film bisa mengubah jalan hidup seseorang.

Salah satu tema yang sering diangkat ke dalam sebuah film ialah cerita mengenai sebuah pembunuhan. Film dengan tema pembunuhan biasa disajikan dengan berbagai genre seperti action, misteri, thriller, bahkan horor.

Ada banyak sekali film yang mengangkat tema seputar pembunuhan. Memperlihatkan sisi-sisi yang tidak diketahui dari sebuah pembunuhan terhadap para penontonnya. Inilah 7 film jadul terbaik tentang pembunuhan yang tidak kalah seru dengan film kekinian.

Film pembunuhan telah ada sejak zaman dulu. Secara sinematografi mungkin tidak sebaik film sekarang yang memang unggul karena peningkatan teknologi.

Tapi dari segi cerita, film pembunuhan zaman dulu pun tidak kalah seru bahkan mungkin ada yang lebih hebat penyajian ceritanya dibanding dengan film pembunuhan kekinian. Berikut 7 film jadul terbaik tentang pembunuhan.

M

film jadul tentang pembunuhan
www.rogerebert.com

Film jadul terbaik tentang pembunuhan yang pertama ialah M. Film yang hanya berjudul satu huruf ini dirilis pada tahun 1931. Film ini disutradarai oleh Fritz Lang dan musiknya digubah dengan sangat baik oleh Edvard Grieg.

Film ini memiliki cerita tentang pembunuhan yang dijamin akan membuat kamu diselimuti misteri selama menonton film ini.

Film ini pun meraih banyak kesuksesan, selain pujian dari kritikus film saat itu, film ini pun mendapat penghargaan dari National Society of Film Critics untuk Film Heritage Award. Bahkan saking suksesnya, film ini pun sempat diadaptasi lagi pada tahun 1951 dan 1953.

Double Indemnity

film jadul tentang pembunuhan
www.nytimes.com

Film jadul terbaik tentang pembunuhan selanjutnya ialah Double Indemnity. Film ini disutradari oleh Billy Wilder, dan ditulis skenarionya juga oleh Billy Wilder bersama Raymond Chandler.

Film yang dirilis pada tahun 1944 ini ceritanya diangkat dari novel berjudul sama karya James M. Yang terbit pada tahun 1943. Film ini berhasil mendapat nominasi Academy Award untuk Film Terbaik, dan juga Aktris Terbaik. Itu semua berkat kecerdikan dan kepandaian Wilder menyajikan cerita pembunuhan dalam film ini.

Rope

film jadul tentang pembunuhan
www.rogerebert.com

Film bergenre drama misteri ini diberi judul Rope dan film ini masuk ke dalam daftar 7 film jadul tentang pembunuhan terbaik. Film ini disutradarai oleh salah satu maestro perfilman dunia, Alfred Hitchcock.

Sedangkan skeneraionya ditulis oleh Arthur Laurents, dan Ben Hecht. Film pembunuhan ini dirilis pada tahun1948 dan pada masa-masa awal peredarannya, film ini diambut antusias yang cukup meriah oleh masyarakat.

Strangers on a Train

film jadul tentang pembunuhan
www.hollywoodreporter.com

Film jadul terbaik tentang pembunuhan selanjutnya ialah Strangers on a Train.Alfred Hitchcock lagi-lagi menjadi sosok yang ada di balik kesuksesan sebuah film, kali ini di balik film Strangers on a Train ini.

Diadaptasi dari buku yang berjudul sama, lalu dibuatlah skenarionya oleh tim yang berisi Raymond Chandler, Ben Hecht, Czenzi Ormonde, dan Whitfield Cook. Akhirnya lahirlah sebuah film bertema pembunuhan yang dirilis pada tahun 1951.

Dial M for Murder

film jadul tentang pembunuhan
letterboxd.com

Alfred Hitchcock, sang maestro film, kembali melahirkan karyanya yang menjadi salah satu film jadul terbaik tentang pembunuhan. Kali ini giliran filmnya yang berjudul Dial M for Murder.

Film yang dirilis pada tahun 1954 ini memiliki seorang Frederick Knott untuk urusan susun-menyusun skenario. Diolah dengan sangat baik, film drama kejahatan ini berhasil mendapat sambutan hangat para penonton film saat ini.

12 Angry Men

film jadul tentang pembunuhan
lasallefalconer.com

Film ini tentu sudah banyak yang tahu. Film yang diadaptasi dari serial televisi dengan judul sama karya Reginald Rose. Rose mencoba untuk mengadaptasi karyanya ini ke dalam bentuk film dan dirinya sendiri lah yang menulis dan memproduksi ulang karyanya tersebut dengan disutradarai oleh Sidney Lumet.

Film ini mendapat penghargaan dari Edgar Allan Poe Award untuk kategori Film Terbaik. Film ini pun mendapat keuntungan finansial yang sangat besar dengan mengantongi pendapatan kotor sebesar satu juta dollar US.

Psycho

film jadul tentang pembunuhan
www.independent.co.uk

Film jadul terbaik tentang pembunuhan yang terakhir ialah film Psycho. Film karya sang Maestro, Alfred Hitchcock ini adalah salah satu film misteri pembunuhan terbaik yang pernah ada.

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Robert Bloch yang terinspirasi oleh kasus pembunuhan beruntun oleh Ed Gein di Wiconsin, berceerita tentang pembunuh psikotik.

 

Itulah 7 film jadul terbaik tentang pembunuhan yang harus sekali ditonton karena film-film tersebut tidak kalah seru dengan film kekinian.

Menonton film pembunuhan membuat sudut pandang kita menjadi lebih banyak pilihan terhadap sebuah peristiwa pembunuhan yang terkadang selalu menyembunyikan fakta bahwa yang hitam belum hitam dan yang putih belum tentu putih, atau bahkan yang ada hanya abu-abu.

Film 

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

348 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Axis Hitz 14 June 2019 | 21:39:48

jadi takut nontonnya adegan pembunuhannya

Ludfi Ludfi 14 June 2019 | 21:27:55

wah memang film nya keren jadi tegang nontonya

Bulann In 13 June 2019 | 22:04:41

wah memang filmnya keren nih jadi tegang nontonnya

spider Man 12 June 2019 | 10:08:21

wah jd penasaran gimana tegangnya nonton film ginian

Mayau Indok 12 June 2019 | 09:16:55

kalau udah nonton film pembunuhan gue ngeri dan jadi takut sendiri

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top