7 Film Perceraian yang Bisa Kamu Ambil Hikmahnya

19 March 2019 by
7 Film Perceraian yang Bisa Kamu Ambil Hikmahnya

Dalam kehidupan, pernikahan merupakan lembaran hidup yang harus dijalani bersama orang yang kamu cintai. Ketika kamu memutuskan untuk berpisah karena nggak cocok, perceraian adalah solusinya. Tapi, sebelum memutuskan untuk bercerai, alangkah baiknya jika kamu pikirkan konsekuensinya.

Perceraian bisa membawa pertanyaan besar pada orang-orang sekitar kita, mengingat pernikahan nggak cuman mengikat dua orang tetapi dua keluarga menjadi satu. Biasanya, anak yang menjadi korban dari semua keputusan orang tua.

Berikut 7 Film Perceraian yang Bisa Kamu Ambil Hikmahnya

Daftar film perceraian di bawah ini akan mengajarkan kamu bahwa anak akan terus menjadi korban. Selain anak, perasaan dan kenangan juga bisa jadi korban dan mempengaruhi hidupmu. Tapi jangan takut, di balik perpisahan pasti ada pelajaran yang bisa kamu ambil.

Susah Sinyal (2017)

Susah Sinyal (2017)
www.bioskoptoday.com

Film garapan Ernest Prakasa ini mengisahkan gimana sebenarnya hubungan keluarga kecil dengan ibu tunggal. Mengisahkan Ellen (Adinia Wirasti) ibu dari Kiara (Aurora Ribero) yang kurang menghabiskan waktu bersama dengan anaknya, membuat sang putri tumbuh menjadi remaja pemberontak.

Untuk memperbaiki hubungan mereka, keduanya memilih untuk menghabiskan liburan bersama di tempat terpencil. Disisi lain, ada kisah seorang artis dan suaminya (diperankan oleh Gisel dan Gading Martin) yang memperebutkan hak asuh anak mereka.

Kisah kedua keluarga ini memang berbeda, tapi keduanya mengajarkan bahwa bukan harta yang anak butuhkan, melainkan waktu dan kasih sayang orang tua yang mereka inginkan.

Talak 3 (2016)

Talak 3 (2016)
www.fimela.com

Apa jadinya jika Laudya Cyntia Bella, Vino G. Bastian dan Reza Rahadian terlibat cinta segitiga? Kamu bisa menyaksikan tingkah mereka dalam Talak 3.

Film ini mengisahkan sepasang suami istri yang memutuskan untuk bercerai, namun rumah kredit mereka terancam disita bank. Keduanya pun berusaha untuk mengerjakan proyek agar bisa menyelamatkan hidup keduanya. Ternyata, cinta mereka tumbuh kembali.

Memutuskan untuk rujuk, Bagas dan Risa menyadari bahwa Risa harus menikah lagi untuk bisa kembali dengan Bagsa. Kisah cinta segitiga ini makin rumit karena Bimo, orang yang menikahi risa benar-benar jatuh cinta pada Risa.

Film ini mengajarkan untuk jangan pernah bermain-main dengan pernikahan sekaligus menunjukkan bagaimana cinta di mata sebuah pernikahan.

Mrs. Doubtfire (1993)

Mrs. Doubtfire (1993)
www.simonprior.com

Film ini mungkin cukup lawas, tapi nggak berarti Mrs. Doubtfire merupakan film yang terkikis waktu. Dibintangi oleh mendiang Robin Williams, film ini merupakan adaptasi novel karya Anne Fine yang berjudul Alias Madame Doubtfire.

Mrs. Doubtfire mengisahkan tentang sebuah keluarga yang harus bercerai dan hak asuh jatuh pada sang ibu. Sang ayah yang bernama Daniel (Robin William) pun mendapatkan hak untuk mengunjungi anak-anaknya hanya pada hari sabtu.

Namun, Daniel yang sangat menyayangi anak-anaknya sangat ingin bertemu dengan mereka. Dengan bantuan kakaknya yang ahli make up, Daniel pun berubah menjadi pengasuh wanita paruh baya dan bekerja untuk mantan istrinya.

Mrs. Doubtfire menunjukkan bahwa kasih orang tua selalu ada untuk anak-anaknya meskipun ayah dan ibu nggak lagi membimbing anak-anaknya bersama. Film ini juga mengingatkan kita bahwa rasa sayang ayah pada anaknya nggak kalah besar dengan rasa sayang ibu terhadap anak-anaknya.

The Parent Trap (1998)

The Parent Trap (1998)
www.imdb.com

Film yang dibintangi oleh Lindsay Lohan mungkin merupakan film tentang perceraian yang ikonik. Sepasang saudara kembar identik harus berpisah dan berusaha untuk mengembalikan keutuhan keluarga mereka.

Awal kisahnya dimulai saat Annie dan Hallie (Lindsay Lohan) yang merupakan kembar identik bertemu secara nggak sengaja di perkemahan. Mereka menyadari jika keduanya memiliki orang tua yang sama namun terpisah karena sudah bercerai.

Keduanya pun merencanakan untuk membuat orang tua mereka kembali.

Film ini menunjukkan bagaimana perceraian bisa berpengaruh pada anak sekaligus mengajarkan pada orang tua bahwa anak akan selalu berharap keluarga mereka kembali utuh.

What Maisie Knew (2012)

What Maisie Knew (2012)
garethrhodes.wordpress.com

What Maisie Knew menceritakan tentang kisah anak berusia enam tahun yang hidup dengan kedua orang tuanya yang sibuk bekerja. Sang ibu merupakan penyanyi band rock sedang ayahnya merupakan pedagang seni.

Kedua orang tuanya sangat sering berantem dan memilih untuk menitipkan Maisie pada pengasuh. Suatu hari, orang tua Meisie memutuskan untuk bercerai, namun keduanya mendapat hak asuh Meisie.

Kedua orang tua Meisie pun meneruskan hidup dengan menemukan pasangan masing-masing dan memilih untuk mengasuh Meisie secara terpisah. Sayangnya, Meisie kecewa karena orang tuanya nggak benar-benar tahu kebutuhannya sebenarnya.

Enough Said (2013)

Enough Said (2013)
www.rogerebert.com

Enough Said mungkin bisa menggambarkan bagaimana seseorang harus intropeksi diri setelah mengalami kegagalan rumah tangga. Mengisahkan tentang Eva yang merupakan seorang ibu tunggal yang tampak bahagia dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Suatu hari ia bertemu dengan seorang pria bernama Albert. Eva menemukan berbagai kecocokan dengannya. Kemudian, Eva bertemu dengan seorang penyair yang hidupnya sempurna namun selalu menjelekkan mantan suaminya. Ternyata, mantan suaminya adalah Albert.

Enough Said merupakan film yang menceritakan bagaimana kita harus move on dan melupakan masa lalu, dan memandang masa depan tanpa keraguan.

Crazy, Stupid, Love (2011)

Crazy, Stupid, Love (2011)
www.themoviedb.org

Film perceraian selanjutnya adalah film komedi Crazy, Stupid, Love yang dibintangi oleh Steve Carell, Julianne Moore dan Ryan Gosling. Mengisahkan tentang kisah hidup Carl Weaver (Steve Carell) yang berusaha move on dari sang istri Emily (Julianne Moore).

Carl memiliki hidup yang sempurna dengan istri dan pekerjaan yang lengkap.Suatu hari, Carl menemukan bahwa istri yang dicintainya selingkuh dan meminta cerai darinya. Perubahan itu membuat Carl patah hati. Saat itulah Jacob Palmer (Ryan Gosling) datang untuk mengajarkan Carl move on.

Itu tadi 7 film perceraian yang bisa kamu ambil hikmahnya. Ingat, perceraian memang suatu pengalaman yang menyakitkan Tapi bukan berarti kita harus larut dalam kesedihan dan mengabaikan orang lain. Tetap semangat guys!

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

134 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
taram haryadi 01 April 2019 | 04:02:59

dari film kita dapat mwngambil hilmahnya dari auatu masalah

Kang Receh 31 March 2019 | 09:00:59

dari film ini bisa diambil hikmahnya, tapi lebih penting jagan bercerai karna itu akan dibenci sama Allah

Muhamad Imron 30 March 2019 | 10:48:08

kehidupan orang yang sudah berkeluarga memang pasti ada sebuah perceraian

Sun Tono 30 March 2019 | 08:17:35

iya gan aku akan mengambil hikmah nya kok

khalisa isandadefi 28 March 2019 | 21:16:30

well it was a pleasure to have a

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top