8 Fakta Menarik Pikachu, Pokemon Paling Terkenal

14 May 2019 by
8 Fakta Menarik Pikachu, Pokemon Paling Terkenal

Pikachu adalah Pokemon paling terkenal di dunia, sekaligus maskot yang membuat franchise Pokemon milik Nintendo ini jadi terkenal di seluruh dunia. Sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 1996, Pikachu udah jadi fenomena dengan muncul di berbagai video game, trading card, anime, movie, bahkan film Hollywood yang tayang Mei 2019.

Namun, ada beberapa fakta unik yang mungkin nggak kamu tahu tentang Pikachu, monster tikus kuning penyengat listrik ini. Sayang banget kalo kita nggak tahu seluk beluk tentang monster imut yang menggemaskan ini.

7 Fakta Menarik dan Unik Pikachu, Pokemon Paling Terkenal di Dunia

Buat yang baru kenal, atau merasa udah kenal Pikachu, berikut ada beberapa fakta menarik mengenai Pokemon berwarna kuning ini. Yuk kita simak!

Kenapa namanya Pikachu?

fakta menarik Pikachu
www.fatherly.com

Nama Pokemon berwarna kuning menggemaskan ini adalah Pikachu, tapi kenapa namanya demikian? Ternyata ada fakta menarik di balik penamaannya, hingga akhirnya tikus kuning ini bernama "Pikachu". Menurut pengembang awal Pokemon, Junici Masuda, nama "Pikachu" merupakan kombinasi dari dua kata di Jepang.

Yang pertama adalah "Pika", bahasa Jepang untuk suara letupan listrik, dan "Chu", pendeskripsian orang Jepang pada suara tikus. Namanya pun berhasil jadi fenomena, bahkan jadi salah satu Pokemon yang namanya nggak berubah untuk versi Jepang atau Inggrisnya.

Di manganya, Pikachu milik Ash diberi nama Jean Luc.

fakta menarik pikachu
www.thegamer.com

Di anime, ada Pikachu yang diberi nama, seperti Sparky misalnya, tapi secara resmi teman terbaik Ash (Satoshi dalam bahasa Jepang) ini nggak punya nama. Hal ini mungkin merupakan strategi pemasaran supaya kita bisa terus mengingat-ingat frase "I choose you, Pikachu!" yang fenomenal itu.

Namun ada fakta menarik nih mengenai nama Pikachu. Di manganya The Electric Tale of Pikachu, Ash memperkenalkan Pikachu miliknya kepada Misty dengan nama "Jean Luc Pikachu", yang sepertinya terinspirasi dari nama Jean-Luc Picard dari film Star Trek. Namun nama ini udah sering terlupakan dan nggak pernah disebut lagi.

Awalnya bukan Pikachu yang dipilih sebagai maskot Pokemon, melainkan Clefairy.

fakta menarik Pikachu
thegolfclub.info

Pada awalnya, ketika franchise Pokemon masih dalam tahap perencanaan, yang ditunjuk sebagai maskot Pokemon untuk mempromosikan seri ini bukanlah Pikachu, melainkan Clefairy. Clefairy dianggap lebih menarik dan mampu memikat banyak orang. Keduanya juga sempat direncanakan menjadi duo maskot, tapi fakta berkata lain.

Saat animenya tayang di tahun 1998, Pikachu ternyata lebih menarik minat banyak orang, baik pria ataupun wanita. Nggak cuma itu, pihak produser juga beranggapan kalo warna kuning dan sedikit merah milik Pikachu lebih mudah dikenali oleh anak-anak dari jauh.

PIkachu betina punya bentuk ekor yang berbeda.

fakta menarik Pikachu
tokoonlineindonesia.id

Salah satu fakta menarik Pikachu yang belum diketahui oleh penggemar awam Pokemon adalah, Pikachu merupakan nama dari sebuah spesies Pokemon, bukan merupakan nama individu. Spesies ini tentu aja mencakup Pikachu jantan dan betina, masing-masing dengan sifatnya sendiri-sendiri. Nah, gimana caranya bedain Pikachu jantan dan betina?

Di game Pokemon Diamond and Pearl, untuk pertama kalinya jenis kelamin Pokemon dibedakan. Untuk Pikachu betina, mereka punya bentuk ekor yang berbeda di bagian ekornya, yaitu agak melengkung, beda dengan yang jantan.

Nggak ada yang tahu apakah jenis kelamin Pikachu milik Ash.

fakta menarik Pikachu
www.gamefly.com

Salah satu fakta menarik Pikachu, terutama soal jenis kelaminnya adalah, nggak ada yang tahu apakah jenis kelamin Pikachu milik Ash. Hal ini banyak menimbulkan spekulasi sejak awal perilisan karakternya, tapi ternyata hal ini emang sengaja dilakukan oleh penciptanya, supaya Pikachu bisa tetap menarik bagi pria maupun wanita.

Walaupun bisa dibedakan lewat bentuk ekornya, tapi Pikachu milik Ash muncul sebelum jenis kelamin Pokemon diresmikan. Ada yang bilang ia betina berdasarkan satu episode Pokemon Black and White, ketika satu Pokemon betina menggunakan teknik Attract tapi gagal. Ada yang bilang jantan, karena para karakter memanggilanya dengan "He".

Pikachu ternyata suka banget dengan saus tomat.

fakta menarik pikachu
weheartit.com

Salah satu fakta menarik mengenai Pikachu yang sering terlewat adalah, Pokemon listrik pertama yang diperkenalkan di franchise ini ternyata adalah penggemar berat saus tomat. Nggak cuma sering terlihat di animenya, tapi kegilaannya pada saus tomat ini bahkan juga udah menciptakan banyak meme Pikachu.

Nggak ada penjelasan resmi terkait hal ini, tapi ini mungkin berkaitan dengan kegemarannya terhadap semua makanan berwarna merah (karena makanan yang pernah terlihat dimakannya adalah apel atau arbei merah). Atau bisa jadi saus tomat (bahasa Inggris: ketchup) mengingatkannya pada nama terakhir Ash, yaitu Ketchum.

Ada sebuah protein yang terinspirasi dari nama Pikachu.

fakta menarik pikachu
baomoi.com

Ada satu fakta menarik Pikachu yang mungkin jarang kamu tahu. Di tahun 2008, Departemen Pengembangan Biologi di Institut Biosains Osaka menemukan protein Pikachurin. Protein retina ini punya peran penting dalam transmisi optik. Pikachurin akan mentransfer informasi visual dari retina menuju otak melalui sistem syaraf pusat.

Sel fotoreseptor pada retina akan mengirim sinyal menuju basal ganglia di dalam otak. Bahasa gaulnya: mata mengirim pesan visual ke otak lewat bantuan Pikachurin. Protein Pikachurin ini yang membuat pengiriman sinyal ke otak jadi lebih cepat. Namanya terinspirasi dari Pikachu karena kecepatannya dalam mengirim pesan visual ke otak.

Ketika tidur, daya listrik dalam tubuh Pikachu terisi.

fakta menarik pikachu.
www.tvandmovienews.com

Pipi bulat merah pada Pikachu ini bukan untuk hiasan imut-imut, tapi sebenarnya ada fakta menarik tentangnya. Bulatan merah tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan listrik, yang bisa dikeluarkan untuk menyerah musuh. Pikachu juga bisa menyetrum objek yang mereka temui untuk memeriksanya.

Pikachu juga bisa menggunakan kejutan listrik miliknya untuk mengisi daya Pikachu lain. Daya listrik ini bakalan terisi ketika mereka tidur. Saat bangun, Pikachu sering terlihat ngeluarin listrik berlebih, mirip kondisi menguap.

Itulah 8 fakta menarik Pikachu, Pokemon yang paling terkenal di dunia. Apa kamu juga termasuk penggemar Pokemon, terutama Pikachu?

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

371 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
agus 08 20 August 2019 | 23:04:12

Lucu dan unik.karakter pikachu ini yak gaes

Anas Mubarok 20 August 2019 | 07:35:38

suka banget lihat pikachu waktu dulu

pitulikur juli 19 August 2019 | 23:23:08

Lucu dan unik.karakter pikachu ini yak gaes

Awr Ipadaz 19 August 2019 | 16:44:13

jadi itu ya delapan fakta menarik pikacu

Rong Puluh 18 August 2019 | 13:57:12

Lucu dan unik.karakter pikachu ini yak gaes

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top