9 Adegan Film SpongeBob SquarePants yang Kena Sensor KPI

04 December 2018 by
9 Adegan Film SpongeBob SquarePants yang Kena Sensor KPI

Buat kamu yang lahir tahun 90-an hingga 2000-an, besar kemungkinan kamu kenal dengan SpongeBob SquarePants, salah satu karakter kartun Nickelodeon. Di Indonesia, SpongeBob selalu hadir setiap harinya, dari pagi siang hingga sore.

Namun sayang, karena beberapa kontennya dianggap cukup kontroversial dan dinilai bisa merusak moral bangsa, kartun ini pun sempat dilarang oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Walaupun larangan ini dicabut, tetap ada beberapa adegan film SpongeBob SquarePants yang kena sensor KPI.

Inilah 9 adegan film SpongeBob SquarePants yang kena sensor

Deleted scene adalah adegan yang harus dihapus atau dipotong dari versi utuhnya, entah karena tidak sesuai dengan kebijakan negara setempat atau karena mengandung unsur-unsur tertentu, atau karena emang nggak relevan. Inilah 9 adegan film SpongeBob SquarePants yang kena sensor KPI.

1 Episode "Opposite Day" - Season 1

Episode

Di episode Opposite Day, SpongeBob merayakan Hari Kebalikan bersama Patrick karena keisengan Squidward yang hendak menjual rumahnya.

Namun karena suatu hal, keisengan Squidward ini malah berbalik merugikannya.Nah, untuk versi Indonesianya, ada yang diganti kata-katanya, yaitu ketika SpongeBob bertanya kepada Patrick soal teka-teki "Kenapa ayam menyebrang jalan?".

Di versi aslinya, SpongeBob mengucapkannya terbalik dari belakang ke depan, sedangkan untuk versi Indonesia, kalimatnya diucapin normal.

2 Episode "Suds" - Season 1

Episode

Di episode Suds, Spongebob terkena demam buih setelah lupa menutup pintu kulkas semalaman saat tertidur. Karena nggak mau ke dokter, akhirnya Patrick yang mencoba mengobati SpongeBob supaya nggak perlu sampai berobat ke dokter yang perawatannya menyeramkan. 

Namun karena makin parah, akhirnya Sandy membawanya ke dokter, dan mendapat perawatan spons istimewa. Saat perawatan SpongeBob ini, adegannya menggunakan format live action.Nah, di versi Indonesianya, semua adegan perawatan live action ini sempat tayang, sebelum akhirnya dihapus setelah ditayangkan ulang pasca ditegur KPI.

Lalu ada juga adegan ketika SpongeBob berada di atas kasur yang tampak seperti ranjang penyiksaan bersama Patrick. Di beberapa negara (kecuali Kanada, AS dan Inggris), adegan ini dihapus karena seolah-olah nunjukin Patrick sedang menyiksa SpongeBob.

3 Episode "Neptune's Spatula" - Season 1

Episode

Dalam episode Neptune's Spatula (judul aslinya adalah The Spatula and The Stove), SpongeBob ditantang untuk mengikuti kompetisi memasak oleh Raja Neptunus, setelah berhasil menarik spatula legendaris di sebuah museum.

Untuk versi Italia, scene ketika Tom Kenny (pengisi suara SpongeBob) lagi mandi dihapus tanpa alasan yang jelas. Nah, untuk versi Indonesia, perubahannya adalah dialog ketika Patrick menantang Raja Neptunus. Bahasa yang digunakan lebih nggak sopan (seolah-olah bukan berbicara dengan seorang dewa) dibandingkan versi aslinya.

4 Episode "Squids Day Off" - Season 2

Episode

Dalam episode Squids Day Off, Mr. Krab harus masuk ke rumah sakit karena cedera. Operasional Krusty Krab pun diserahkan kepada Squidward, namun dia malah memanfaatkan kejadian ini untuk berlibur dan menyerahka semuanya ke SpongeBob.

Adegan yang kena sensor KPI adalah ketika SpongeBob berusaha menarik tangan Mr. Krab yang nyangkut di wastafel. Untuk alasan yang nggak jelas, adegan ini dipotong, diduga karena mengandung unsur sensual.

 

5 Episode "Bummer Vacation" - Season 4

Episode

Dalam episode Bummer Vacation (yang aslinya berjudul Bummer Summer, namun akhirnya diganti karena SpongeBob itu diminta berlibur dari pekerjaan, bukan sekolah mengemudi), SpongeBob diminta berlibur oleh Mr. Krab untuk menghindari denda karena nggak pernah meliburkan pegawainya.Untuk deleted scene-nya, adegan ketika SpongeBob mengenakan kostum Patrick untuk menyamar.

Adegan ini dipotong mungkin karena durasi waktu yang terlalu panjang (karena durasi aslinya udah terpotong lagi dengan iklan). Namun, ada yang menduga kalo adegan film tersebut kena sensor KPI karena dianggap mengerikan, mengingat scene sebelumnya adalah ketika SpongeBob menyelinap ke rumah Patrick dan menyerangnya.

Hal ini seolah nunjukin kalo SpongeBob baru aja menguliti Patrick hidup-hidup dan menggunakan kulitnya sebagai penyamaran.

6 Episode "House Fancy" - Season 6

Episode

House Fancy menceritakan kisah Squidward yang berusaha menyiapkan dan mendekorasi rumahnya bersama SpongeBob, supaya rumahnya bisa muncul di sebuah TV show menggantikan rumah Squiliam.

Ending asli dari episode ini sebenarnya menampilkan Nicholas Withers, pembawa acara House Fancy ternyata membenci hasil akhir rumah Squidward, sehingga ia pun memukul Squiliam karena marah. Adegan ini akhirnya diganti karena menampilkan kekerasan, dan juga nggak ada artinya.

Nah, adegan yang kena sensor KPI adalah untuk adegan kuku kaki Squidward yang terinjak sofa. Adegannya dihapus total karena dianggap terlalu sadis oleh KPI.

7 Episode "Krabby Road" - Season 6

Episode

Dalam episode Krabby Road, Plankton menciptakan kelompok band untuk mencuri resep rahasia Krabby Patty dari SpongeBob.Di Indonesia, scene ketika Patrik memainkan lagu William Tell Overture dengan perutnya, dihapus dari film tanpa alasan yang jelas.

8 Episode "Sun Bleached" - Season 6.

Episode

Episode Sun Bleached menceritakan tentang SpongeBob dan Patrick yang berusaha menghitamkan kulitnya karena nggak diundang ke acara pesta yang diadain Craig Mammation, orang yang kulitnya paling terbakar di TV.

Nah, scene yang dihapus adalah adegan ketika muncul iklan soda yang diperankan oleh seorang kakek tua. Adegan ini dihapus tanpa alasan yang jelas.

9 Episode "No Nose Knows" - Season 6

Episode

Dalam episode No Nose Knows, Patrick melakukan operasi untuk mendapatkan hidung. Namun karena akhirnya malah mengacau, SpongeBob dkk pun berusaha menghentikan Patrick dengan merusak hidung barunya.

Di versi Indonesianya, adegan ketika Mr. Krab sedang mengendus-ngedus tanah untuk mencari uang, dihapus tanpa alasan yang jelas.Itulah tadi 9 adegan film SpongeBob SquarePants yang kena sensor KPI.

Ada yang pernah melihat adegan ini sebelumnya?

Apa Reaksi Anda ?

Love
33%

Suka

Laugh
67%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1749 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bagus Setya 22 August 2019 | 14:02:13

ini kartun yang paling banyak dipotong adegannya

Asep Bau 15 August 2019 | 23:52:21

wah begitu aja mesti di sensor segala

Rendi Panca Saputra 12 August 2019 | 12:07:40

teryata ini bagian gang di sensor kpi gitu

MQ POLI 12 August 2019 | 11:24:16

adegan film yang di sensor kpi nih ya parah

Edy Jarwo 12 August 2019 | 08:07:31

ini kartun yang paling banyak dipotong adegannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top