‘Gladiator’ dan 8 Film Ikonis Lain Karya Ridley Scott yang Berulang Tahun ke-81

30 November 2018 by
‘Gladiator’ dan 8 Film Ikonis Lain Karya Ridley Scott yang Berulang Tahun ke-81

Uzone.id -- Ridley Scott, salah satu jenius di industri perfilman Hollywood dengan kebangsaan Inggris boleh jadi tak lagi muda dari segi usia. Berkarier sejak 1970an, dirinya masih aktif menggarap film-film hingga beberapa tahun ke depan.

Scott lahir di South Shields, Tyne and Wear, Inggris pada 30 November 1937. Hari ini, usianya menyentuh angka 81 tahun. Bukan usia muda, namun semangat dan talentanya masih menyala.

Karier Scott bermula pada 1962 ketika dia bergabung ke BBC sebagai peserta pelatihan untuk penata set. Kemudian dia melanjutkan pelatihan sutradara dan mendapatkan kesempatan perdana untuk menyutradarai sebuah episode untuk serial BBC yang sangat populer kala itu, ‘Z Cars’.

(Ridley Scott sedang mengarahkan Russel Crowe untuk film 'Robin Hood' yang dirilis pada 2010/Photo Credit: David Appleby - © 2010 Universal Studios)

Sejak saat itu, Scott jadi menerima banyak kerjaan sampai akhirnya dia frustrasi karena bayaran yang dianggap tidak sepadan oleh BBC. Maka dia beralih ke periklanan dengan mendirikan perusahaan produksi iklan bernama RSA (Ridley Scott Associates) pada 1967. RSA berhasil membuat sejumlah iklan televisi di Inggris selama beberapa tahun.

Memasuki era 1970, dia bertemu dengan produser David Puttnam dan menjadi gerbang awal kariernya di layar lebar. Debut filmnya adalah ‘The Duellist’ yang dirilis pada 1977 dan memenangkan Jury Prize for Best First Work di Festival Cannes.

Baca juga: 9 Film Keren David Fincher, Sutradara yang Jago Bikin Kisah Mencekam

Dia mengaku sangat terinspirasi oleh ‘Star Wars: Episode IV - A New Hope’ karya George Lucas. Dari situ dia jadi jatuh cinta dengan genre fiksi ilmiah dan langsung membuat ‘Alien’ yang begitu fenomenal.

Untuk merayakan hari kelahirannya, berikut deretan film ikonis yang digarap oleh Ridley Scott.

1. Alien (1979)

Yup, seperti yang sudah disebut, film ini begitu legendaris, tak cuma pada masanya namun hingga sekarang. Fiksi ilmiah yang dibalut dengan horor ini mengisahkan tentang teror yang dihadapi oleh awak kapal luar angkasa ketika mendapat transmisi tak dikenal menjelang pendaratan ke Bulan. Salah satu awak kapal diserang oleh makhluk misterius.

 

2. Blade Runner (1982)

Ini adalah film pertama dari ‘Blade Runner 2049’ yang kamu tonton tahun lalu. Masih bergenre fiksi ilmiah dengan nuansa futuristik, film ini menceritakan tentang seorang blade runner (Harrison Ford) yang harus mengejar dan membunuh empat replika manusia yang mencuri pesawat di luar angkasa.

 

3. Thelma & Louise (1991)

Sekalinya membuat genre drama, Scott tetap mendulang pujian sana-sini. Film ini menceritakan tentang dua wanita yang bersahabat pergi berpetualang menggunakan mobil dan ternyata keduanya sedang diburu oleh polisi karena tindakan kriminal yang telah mereka lakukan.

 

4. Gladiator (2000)

Film yang masih dirayakan hingga masa sekarang ini menceritakan tentang Maximus (Russel Crowe) yang ditunjuk sebagai pemimpin Roma oleh Kaisar Roma sendiri, Marcus Aurelius, namun dia harus berhadapan dengan seorang haus tahta, Commodus (Joaquin Phoenix) yang tak lain adalah anak kandung dari Marcus sendiri.

 

5. Black Hawk Down (2001)

Film sejarah ini menyoroti perjuangan 160 tentara elit Amerika Serikat yang diutus ke Somalia untuk menangkap dua letnan pengkhianat dan harus menghadapi pertempuran serba nekat melawan warga Somalia penuh senjata.

 

6. American Gangster (2007)

Menceritakan seorang polisi New York City yang diasingkan dituduh menjatuhkan bandar narkoba Harlem bernama Frank Lucas (Denzel Washington).

 

7. Robin Hood (2010)

Menggunakan karakter yang telah melegenda, film ini menyoroti karakter Robin (Russel Crowe) dan pasukan perompaknya yang menentang korupsi dari kerajaan dan tak gentar maju untuk melawan para penguasa.

 

8. Prometheus (2012)

Kembali menggarap fiksi ilmiah, film ini mengisahkan tim astronaut yang mengikuti petunjuk dari asal-usul terciptanya umat manusia untuk pergi ke bulan, namun mereka menyadari mereka tidak sendirian di sana.

 

9. The Martian (2015)

Masih tentang luar angkasa, kali ini menceritakan tentang seorang astronaut NASA, Mark Watney (Matt Damon) yang terdampar di Mars sendirian setelah timnya mengira dia tidak selamat dari badai di Planet Merah. Watney harus berjuang untuk bertahan hidup di sana dan meyakinkan NASA agar dapat menyelamatkannya hidup-hidup.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

988 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Moncil Tv 18 March 2019 | 11:32:03

sejujurnya kutak bisa hidup tanpa ada kamu

Muhaemin .16 18 March 2019 | 10:41:48

ketika dia bergabung ke bcc

evan n 10 February 2019 | 19:10:32

ialah salah satu seorang yang jenius dalam perfilman hollywood

Aditiya Pramana 10 February 2019 | 12:50:14

film ini yang aku suka dan selamat ukang tahun ya

yanto parman 06 February 2019 | 18:58:06

kok gak bikin sequel gladiator yang kedua ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top