Keren nih! Ilustrator Asal Indonesia Bikin Karakter Marvel Versi Kerajaan Majapahit

19 May 2019 by
Keren nih! Ilustrator Asal Indonesia Bikin Karakter Marvel Versi Kerajaan Majapahit

Demam film Avengers kayaknya masih belum usai juga, meskipun sudah berminggu-minggu film Avengers: Endgame ditayangkan. Banyak penggemar yang belum bisa move on dari jalan ceritanya yang mengharu biru. "I Love You 3000" pun bertebaran di mana-mana. Nah, seorang ilustrator dan komikus dari Indonesia juga ikut meramaikan demam Avengers ini.

Namun, komikus bernama Is Yuniarto ini membuat karya yang cukup berbeda, yaitu dengan membuat karakter-karakter Avengers tadi ke dalam versi kearifan lokal.

Dia membuat karakter Avengers seolah-olah hidup di era Kerajaaan Majapahit. Dia menamai proyek ini dengan sebutan Adiwira Wilwaktika. Nama-nama karakternya juga diubah sesuai istilah kuno dalam bahasa Sansekerta.

Selain itu, dia juga menceritakan latar belakang masing-masing tokoh. Jadi, kesannya kayak lagi belajar sejarah versi terbaru. Misalnya, Captain America yang namanya diubah menjadi Senopati Satya Roja.

Dikisahkan dia adalah seorang prajurit yang mendampingi Raden Wijaya saat akan mendirikan Kerajaan Majapahit. Dia memiliki senjata perisai bernama Surya Wilwaktika.

"Ada 11 karakter yang sudah saya bikin. Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Black Widow, Hawkeye, Dr Strange, Spiderman, Black Panther, Nick Fury, dan Thanos," ujar Is pada Jumat (10/5/2019), dilansir dari Kompas.

 

Adi sendiri berarti hebat, Wira artinya pahlawan, dan Wilwaktika artinya Majapahit. Jadi, Adiwira Wilwaktika artinya adalah pahlawan hebat yang berasal dari Majapahit.

Konsep ini dibuat karena terinspirasi dari komik Marvel berjudul What If dan Marvel 1602. Jadi, dia mencampurkan imajinasi tersebut, dan menambahkan sedikit sejarah Majapahit sehingga tercipta gambaran kreatif ini.

Tentu saja Is tidak asal mengambil sejarah, namun telah melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, arti istilah-istilah kuno yang digunakan dalam bahasa Sansekerta, dan bagaimana sejarah Kerajaan Majapahit.

Hal inilah yang membuat para pembaca seolah larut dalam karya yang dia buat dan menginginkan adanya komik Avengers lokal ini.

Is Yunirto sendiri bukan nama baru dalam industri komik. Dia merilis komik Wind Rider di tahun 2005, dan juga membuat komik 'Grand Legend Ramayana' serta 'Garudayana'.

Is jugalah yang membuat desain hero Gatotkaca dalam game Mobile Legends. Selain itu, Is juga pernah memberikan wayang kulit Avengers kepada aktor dan sutradara di Disney.

Dia mengaku membutuhkan waktu dua minggu untuk mengerjakan keseluruhan set Adiwira Wilwaktika. Keren banget ya karyanya? Kalau ada versi animasi atau komik, pasti bakalan diserbu deh sama pecinta Avengers di tanah air. Gimana menurutmu?

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

312 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Yunus 21 June 2019 | 07:16:32

ini baru namanyya senimal ilustrator keren

abdurrahman 20 June 2019 | 16:29:47

wah mantap nih kalau di bikin versi animasi manta deh

Ayumi Syantika 20 June 2019 | 13:44:20

merubah nama dan menambah nentuk apa harus ijin

Ahmad Rahnan 19 June 2019 | 04:58:47

siapa yang bikinya apa alur ceritanya akan benar

Adi Yansyah 17 June 2019 | 05:56:28

bakat luaaar biasa penuh pundi pundi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top