Kostum Gundala Bikin Abimana Aryasatya Sulit Bernapas

29 May 2019 by
Kostum Gundala Bikin Abimana Aryasatya Sulit Bernapas

Mayoritas kostum Gundala akhirnya terlihat dalam poster resmi yang dirilis hari ini. Kostum itu didominasi warna merah di bagian badan dan warna hitam di bagian lengan serta tangan.

Aktor Abimana Aryasatya menjelaskan kostum itu dibuat oleh salah satu perusahaan di Los Angeles, Amerika Serikat. Perusahaan itu sebelumnya membuat kostum untuk serial Watchmen dan Daredevil yang digarap Netflix.

Abimana terbang langsung ke Los Angeles untuk pengukuran kostum. Ia menghabiskan waktu selama 7 hari untuk pengukuran seluruh badan.

"Itu ngebut, sampai sana, besoknya 3D scan satu badan. Bagian 3D scan paling menarik karena pake kolor doang dalam satu ruangan," kata Abimana saat jumpa media di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5).


Selain 3D scan, Abimana juga menjalani pengukuran bagian kepala dengan teknik molding. Molding adalah teknik mencetak yang menggunakan kerangka dan wadah.

Saat molding, seluruh kepala Abimana diolesi dengan lilin. Ia merasa kepalanya lumayan besar sehingga harus diukur setepat mungkin agar pas di kostum.

"Cuma satu minggu di sana, enggak lama, cuma ngukur doang, setelah itu ditinggal ke Jakarta. Mereka mengerjakan, proses pengerjaan bagaimana mungkin produser yang lebih tau, dia yang bolak balik untuk cek," kata Abimana.

Abimana melanjutkan, "Yang gua takutkan kalau naik berat badan sedikit saja, kalau lingkar berubah baju jadi enggak muat. Ternyata malah kegedean, tapi untung orangnya datang ke sini dikecilkan, ujung-ujungnya jahit di sini juga."

Abimana harus terbang ke AS untuk menjalani pengukuran kostum. (dok Screenplay Films)


Aktor berusia 36 tahun ini mengaku kostum Gundala sangat tidak nyaman digunakan, terlebih saat adegan laga. Ia selalu bercucuran keringat setelah memakai kostum tersebut karena sangat panas dan pengap. Bahkan di awal proses syuting ia sempat kesusahan bernapas, meski lama kelamaan jadi terbiasa.

"Kostum terlalu berat, tapi kalau syuting di luar negeri mereka studio semua pakai AC. Kami enggak, pabrik ya syuting di pabrik, dan Indonesia suhu kayak apa, ya gitu lah," kata Abimana.

Total ada empat kostum Gundala dengan desain yang sama, tiga dipakai oleh Abimana dan satu dipakai oleh pemeran pengganti. Awak media sempat bertanya apakah ada kostum Gundala dengan desain lain, namun Abimana menolak menjawab.

Lebih lanjut, sutradara Joko Anwar menjelaskan kostum didesain bersama dan dibuat serealistis mungkin. Kemudian desain tersebut dikirim ke Los Angeles.

"Kostum membumi, semua orang bisa relate, kostum kami bikin praktis. Kenapa itu ada kuping, kenapa ada armor, kita bikin praktis," kata Joko.

[Gambas:Video CNN]

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

236 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
gadis80juta 21 July 2019 | 17:35:07

tatalitas banget nih kayaknya mas abimana buat film gundala ini.

Mas bhajol Ijo 21 July 2019 | 14:30:22

tapi bisa puas dengan hasil film yang luar biasa

deden setiawan 21 July 2019 | 13:47:08

tapi bisa puas dengan hasil film yang luar biasa

Anina Gayloy 21 July 2019 | 13:37:31

namanya juga kostum auper heroes donk

Zi Zel 21 July 2019 | 13:32:37

saya penasaran sama film ny

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top