‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ Tak Lolos Nominasi Oscar 2019

18 December 2018 by
‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ Tak Lolos Nominasi Oscar 2019

Uzone.id -- Tercatat ada 87 negara yang menyerahkan karya filmnya sejak bulan September lalu untuk ajang penghargaan Academy Awards 2019, salah satunya Indonesia melalui ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’. Secara mengejutkan, pihak Academy baru saja mengumumkan 9 besar kandidat nominasi yang terpilih.

Dengan berat hati, Indonesia tampaknya harus bekerja lebih keras lagi. Film ‘Marlina’ karya sutradara ciamik Mouly Surya tak masuk ke dalam 9 besar kategori film berbahasa asing tersebut.

Dari puluhan film yang masuk ke daftar kategori Best Foreign Language Film Oscar 2019, 9 besar film yang terpilih itu berasal dari enam komite umum yang berpartisipasi dalam pemungutan suara di semua cabang Academy, lalu tiga lainnya dari komite eksekutif yang ditunjuk oleh pimpinan divisi Bahasa Asing, Larry Karaszewski dan Diane Weyermann.

Baca juga: 'Marlina' dan 19 Film Lokal Lain yang Pernah Diseleksi Oscar

Deretan film asing yang masuk ke 9 kandidat tersebut adalah karya-karya yang sebenarnya tidak asing lagi didengar sepanjang tahun ini karena prestasi dan puja-puji dari para kritikus.

Polandia kembali menorehkan harapan berkat ‘Cold War’ yang digarap oleh Pawel Pawlikowski, sutradara yang memenangkan kategori Best Director di Festival Film Cannes. Sebelumnya, Pawlikowski juga pernah menyabet piala Oscar di kategori Best Foreign Language FIlm tahun 2015 untuk karyanya yang berjudul ‘Ida’.

Lalu ada jagoan kebanyakan orang dari Jepang, ‘Shoplifters’ garapan Hirozaku Kore-eda yang diganjar penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes, serta ‘Roma’ karya Alfonso Cuaron dari Meksiko.

Kalau kalian belum tahu, selama ini Mouly Surya juga sebenarnya berhasil menarik perhatian sejumlah media luar berkat ‘Marlina’. Apalagi film ini mengangkat kisah perjuangan seorang wanita yang tertindas gara-gara laki-laki -- sebuah isu yang sebetulnya sangat relevan dengan gerakan #MeToo di Hollywood.

Surya bersama sutradara asal Lebanon, Nadine Labaki lumayan memikat media internasional lantaran keduanya adalah sineas perempuan yang menggarap cerita kuat nan berpengaruh. Labaki sendiri terpilih masuk ke 9 besar kandidat Oscar 2019 berkat film ‘Capernaum’.

Well, tak perlu bersedih. Indonesia harus tetap semangat untuk membuat karya-karya keren melalui medium film agar namanya semakin harum di kancah internasional. Paling tidak, ‘Marlina’ sudah membuat bangga Indonesia dengan penghargaan-penghargaan dan pengakuan dari berbagai negara yang menyaksikannya.

Berikut daftar 9 besar kandidat nominasi Oscar 2019 kategori Best Foreign Language Film.

1. Columbia, ‘Birds of Passage’

2. Denmark, ‘The Guilty’

3. Jerman, ‘Never Look Away’

4. Jepang, ‘Shoplifters’

5. Kazakhstan, ‘Ayka’

6. Lebanon, ‘Capernaum’

7. Meksiko, ‘Roma’

8. Polandia, ‘Cold War’

9. Korea Selatan, ‘Burning’

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
100%

Sedih

Angry
0%

Marah

1019 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria 01 September 2019 | 04:23:08

jadi pengalaman berharga untuk kedepannya

EZ hasandlo 15 July 2019 | 11:55:32

waduh sabar aja kalo masih ga lolos

nobi 06 July 2019 | 04:15:26

katanya ini film sadis? bener gk sih?

Echi Permata 14 June 2019 | 00:46:48

akan ada waktunya kok jadi terus berusaha

Renaldi Suganda 02 May 2019 | 12:00:14

mungkin kurang bagus film nyah jadi ga lolos nominasi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top