Yowis Ben Menang di FFB, Bayu Skak Ajak Sineas Angkat Kearifan Lokal

25 November 2018 by
Yowis Ben Menang di FFB, Bayu Skak Ajak Sineas Angkat Kearifan Lokal

Film ‘Yowis Ben’ meraih penghargaan di Festival Film Bandung 2018. Film garapan Fajar Nugros dan Bayu Eko Moektito alias Bayu Skak itu memperoleh Penghargaan Khusus Film Remaja yang Bermuatan Kearifan Lokal. 

Mayoritas bahasa yang digunakan dalam film ‘Yowis Ben’ adalah bahasa Jawa. Jika dibuat persentase, Bayu mengatakan penggunaan bahasa Jawa di film tersebut mencapai 90 persen.

Lewat penghargaan yang diraih ‘Yowis Ben’, seperti menjadi pembuktian buat Bayu bahwa film berbahasa daerah tidak kalah dari film lainnya. Sebab, menurut dia, yang terpenting dalam sebuah film adalah ceritanya. 

“Karena ‘kan film juga bahasanya universal. Masalah bahasa ‘kan nomor sekian, yang penting masuklah ceritanya,” kata Bayu saat ditemui di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/11). 

Bayu berharap dengan penghargaan yang diperoleh film ‘Yowis Ben’ bisa memotivasi para sineas muda untuk dapat membuat karya bernuansa kearifan lokal. Sehingga, nantinya banyak muncul film bernuansa budaya.

“Jangan pernah malu untuk menggunakan bahasa daerah masing masing, sehingga nanti ke depan bermunculan film dari Ambon mungkin, Sunda mungkin dan bermunculan bahasa daerah,” tutur Bayu.

Penghargaan yang diperoleh film ‘Yowis Ben’ dalam Festival Film Bandung 2018, memotivasi bayu untuk menggarap sekuel film tersebut. “Yang kedua ini (pemainnya) baru lagi. Ada Anggika Bolsterli, Devina Aurel, dan Anya Geraldine gitu, untuk pemain yang band-nya tetap,” ucap Bayu. 

Salah satu pemain ‘Yowis Ben’, Joshua Suherman berharap film tersebut bisa menjadi inspirasi bagi sineas muda untuk melahirkan karya serupa, yakni dengan mengedepankan kearifan lokal. 

“Kami benar-benar bekerja untuk melahirkan suatu karya dan harapannya daerah lain juga punya semangat yang sama untuk mulai,” tutup Joshua. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
60%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
40%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

868 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
De AR 31 May 2019 | 14:58:36

wah bagus tuh mas bayu nagkat kearifan lokal

bayu nugroho 28 May 2019 | 20:42:42

bafus ni filmnya bang bayu, dapat mengangkat budaya lokal

Crazy PandaX 06 May 2019 | 10:02:03

emang harus kayak gitu sih yang harus diangkat juga rindu lokal kita

papa gincu 05 May 2019 | 11:46:22

Indonesia,jepang,korea,thailand,vietnam,kroasia

papa gincu 18 April 2019 | 09:52:46

cristiano ronaldo marcus rashford paulo dybala hirving lozano

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top